Jogja Istimewa Untuk Indonesia Jaya

18 Aug 2011 In: LifeStyle, Personal

Beberapa hari yang lalu saya berjalan di salah salah satu jalan protokol di kota kelahiran saya Jogjakarta, kemudian ada suara germuruh dari segerombolan orang yang naik motor seperti layaknya orang kampanye meski tidak membawa atribut apapun, hanya baju biasa saja. Orang-orang tersebut kemudian membagikan selebaran berupa kertas folio yang penuh dengan tulisan. Ternyata segerombolan itu adalah orang yang kembali menyuarakan tentang isu UU Keistimewaan Yogyakarta. Memang dulu isu ini sempat ramai dan dibahas di kalangan anggota DPR. Berbagai upaya pun telah diusahakan oleh orang Jogja untuk tetap mempertahankan status Keistimewaan Yogyakarta.

Saat ini isu itu seperti telah dilupakan, kalah dengan isu-isu lain yang lebih heboh seperti kasus kaburnya beberapa koruptor keluar negeri atau kasus-kasus lain yang lebih ‘menjual’. Tapi dari aksi yang saya temui tadi, ternyata orang Jogja sendiri tidak pernah melupakan dan tetap memperjuangkan status Keistimewaan Jogja ini. Yang menjadi kekaguman saya bukanlah aksi putar-putar kota dengan kebisingan dari suara motor itu, tapi tentang selebaran yang dibagikan. Setelah membaca tulisan yang terdapat didalamnya saya merasa betul bahwa tulisan itu mewakili orang Jogja, dalam hal ini adalah segi pembahasaannya, terasa halus namun tegas. Berikut potongan dari tulisan tersebut:

Read the rest of this entry »

  • Comments Off

Impresionis

10 Aug 2011 In: LifeStyle, Simple Science

Dalam posting saya kali ini, saya ingin memasukkan sedikit unsur seni seperti yang dulu pernah menjadi ketertarikan saya. Untuk informasi saja, saya hanyalah seorang penikmat seni, dan bukan pencipta seni. Ya bisa dibilang saya menyukai barang-barang bernilai seni tapi tidak terlalu pintar dalam berkarya. Sebagai mana saya menikmati waktu saya dalam mendengarkan musik dan menikmati karya seni lukisan ataupun foto di berbagai pameran seni tapi tidak bisa mencipta lagu ataupun melukis.

Satu hal yang dulu pernah saya gemari adalah tentang karya seni lukisan, beruntung saya tumbuh ditengah keluarga seni, walau tidak hanya seni lukis saja. Dua paman saya bergerak di bidang seni kriya dan almarhum kakek serta ibu saya dulu di seni tari. tapi entah kenapa saya sendiri gak pernah terlihat bakat seninya mengikuti mereka.
Ya sudah lah, tidak perlu dibahas lebih lanjut. Yang jelas dalam posting ini saya ingin menampilkan ketertarikan saya dulu terhadap satu jenis aliran dalam seni lukis dunia. Impresionis.

Aliran seni lukis impresionis ada mulai abad 19 yang berasalah dari pelukis-pelukis Perancis yang melalui pameran-pamerannya cukup menonjol selama tahun 1870an dan 1880an. Asal nama impresionis sendiri diturunkan dari judul sebuah lukisan oleh Claude Monet yang berjudul Impression, soleil levant (Impression, Sunrise) berikut:

Karakteristik dari aliran lukisan impresionis adalah cenderung kecil, tipis, namun sapuan kuas terlihat, komposisi terbuka, penekanan pada penggambaran akurat dari cahaya dan kualitasnya yang berubah (sering menonjolkan perjalanan waktu), umum, subjek biasa, dimasukkannya gerakan sebagai elemen penting dari persepsi dan pengalaman manusia, dan sudut visual yang tidak biasa.

Tokoh-tokoh yang tergabung dalam aliran impresionis ini antara lain:

Read the rest of this entry »

Komisi di DPR

22 Jun 2011 In: Simple Science

Tahu kan kepanjangan DPR itu apa? Ya, lembaga negara bernama Dewan Perwakilan Rakyat ini dipilih dari rakyat untuk bekerja atas nama rakyat, tapi akhir-akhir ini kelakukan anggota dewan agak aneh, ada yang kerjanya cuma pindah tidur di gedung DPR, ada yang jalan2 pake alasan studi banding, sampe ada yang nonton video porno pas lagi sidang paripurna. Tapi saya mah gak mau bahas tentang sisi politisnya ah, dikiranya saya nanti mengkritisi, tidak semua anggota dewan seburuk yang terlihat, dan saya menyadari kalo mungkin saya tidak lebih baik dari mereka :D

Posting ini tidak akan membahas lebih jauh dari sisi moral ataupun politis anggota dewan tersebut. Yang ingin saya bagi adalah tentang kinerja komisi-komisi yang ada dalam DPR. Oh ya, dalam badan perwakilan rakyat itu, kerja anggotanya dibagi berdasarkan bidang kerja tersendiri, dan masing-masing bidang kerja berada dalam satu kelompok yang disebut komisi. Secara total terdapat 11 komisi yang memiliki bidang kerja dengan perincian sebagai berikut:

1. Komisi I

  • Pertahanan
  • Intelijen
  • Luar Negeri
  • Komunikasi dan Informatika


2. Komisi II

  • Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah
  • Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  • Kepemiluan
  • Pertanahan dan Reforma Agraria

Read the rest of this entry »

Simpati vs Empati

3 Jun 2011 In: Kisah Inspirasi, Personal, Simple Science

Mungkin bagi kita yang tidak tahu akan sulit membedakan antara rasa simpati dan empati, atau mungkin sebagian dari kita akan menyamaratakan perasaan iba, kasihan atau sejenisnya ke dalam bentuk simpati. Tapi tahukah anda bahwa kedua rasa itu berbeda. Dalam posting ini saya akan sedikit membahas tentang kedua hal tersebut.

SIMPATI (Sympathy)
Secara etimologi kata simpati diturunkan dari kata dalam bahasa Yunani συμπάθεια (sympatheia) yang berasal dari kata σύν (syn) “bersama” and πάθος (pathos) “gairah, perasaan”, dalam hal ini “penderitaan” (dari πάσχωpascho, “terpengaruh oleh, menderita”).

Read the rest of this entry »

Pernahkah anda bertanya tentang bagaimana sebenernya sistem pemberian nama versi dari sebuah software yang umum ada? Dalam posting ini saya akan membahas secara jelas bagaimana perputaran daur hidup dari sebuah versi software, dalam bahasa Inggris hal ini bernama Software Release Lifecycle. Untuk lebih memperjelas, silahkan cermati terlebih dahulu gambar berikut:

Read the rest of this entry »

Beginilah panda tercipta :)

20 May 2011 In: Feeds, InterestThing

The Real Baking Life

16 Mar 2011 In: Hobbies, InterestThing, LifeStyle, Personal

Dari sejak kecil, saya selalu punya cita-cita atau paling tidak keinginan untuk menjadi seorang Chef, Pâtissière, atau ahli dibidang kuliner. Mungkin karena saya terlalu banyak nonton film kartun seperti Yoichi Si Anak Citarasa, atau terlalu banyak baca komik seperti Yakitate Japan. Terlepas dari itu semua, saya memang ingin bisa memasak untuk semua orang disekitar saya. Kata orang, makan masakan yang enak juga bisa bikin kita bahagia, dan saya juga ingin orang yang memakan masakan saya menjadi bahagia :)

Apa hubungannya dengan posting kali ini? Yang jelas, temanya sekarang adalah tentang makanan #tibatibalaper :P

Jika anda pernah memainkan game di Facebook dengan nama Baking Life, pastinya anda akan mengenal beberapa gambar roti maupun pastry berikut ini:

Ya, beberapa makanan diatas adalah jenis roti dan pastry yang dapat anda masak dan perjualbelikan dalam game Baking Life. Tapi pernahkah anda bertanya apa sih sebenarnya roti tersebut atau seperti apa wujud aslinya? Saya sendiri selalu punya pertanyaan itu, dan dari sekedar iseng-iseng, saya coba cari informasi dan foto terkait beberapa roti diatas. Berikut ini akan saya coba jelaskan beberapa hal tentang roti diatas. Silahkan teruskan baca disini

Pernahkan anda menjumpai beberapa singkatan yang tidak anda ketahui artinya selama anda berselancar di dunia maya? Sering timbul pertanyaan tentang apa maksud dari akronim yang orang biasa berikan dalam aktifitas mereka berkomunikasi melalui media internet. Meski beberapa akronim sudah sangat umum digunakan namun ada beberapa pula yang mungkin baru pertama kali kita dengar.

Berikut ini daftar beberapa akronim yang sudah biasa digunakan oleh pengguna di dunia maya:

AFAIK : As Far As I Know
AFK : Away From Keyboard
ASAP : As Soon As Possible
BRB : Be Right Back
BTW : By The Way
CID : Crying In Disgrace
CMIIW : Contact Me If I’m Wrong
CU : See You
FAQ : Frequently Asked Question
FYI : For Your Information
GBU : God Bless You
GTG : Got To Go
ILU : I Love You
IMO : In My Opinion
IMHO : In My Humble Opinion
KIT : Keep In Touch
LOL : Laugh Out Loud
LMAO : Laugh My Ass Off
OMG : Oh My God
OT : Off Topic
OTOH : On The Other Hand
OTW : On The Way
PPL : People
ROFL : Rolling On Floor Laughing
TCOY : Take Care Of Yourself
THX : Thanks
TTYL : Talk To You Later
TY : Thank You
WOOT : We Own the Other Team
WTF : What The Fuck

Jadi, paling tidak anda sudah tahu apa maksud dari berbagai singkatan atau akronim yang kadang menghiasi berbagai artikel atau pembicaraan di dunia maya ini. Jika akronim yang anda cari tidak terdapat pada daftar diatas, silahkan anda lihat pada halaman Yahoo! Answer ini untuk lebih lengkapnya.

What is typography?

29 Dec 2010 In: Hobbies, InterestThing, LifeStyle

Apa itu tipografi? Menurut Ellen Lupton: “Typhography is what language looks like.”. Tipografi adalah bagaimana sebuah bahasa bisa ditampilkan secara visual, ini adalah seni dan teknik dalam membuat tulisan, modifikasi huruf dan mengatur susunan huruf maupun tulisan.

Tipografi umumnya dilakukan oleh tipografer, seniman grafis, pengarah seni dan siapapun yang memerlukan visual tulisan untuk menyampaikan pesan. Tujuan utama dari tipografi adalah pengaturan element desain tulisan yang ada sehingga memungkinkan pembaca untuk lebih fokus kepada pesan yang diberikan tanpa mengurangi kecepatan membacanya.

“Typography is two-dimensional architecture, based on experience and imagination, and guided by rules and readability. And this is the purpose of typography: The arrangement of design elements within a given structure should allow the reader to easily focus on the message, without slowing down the speed of his reading.” Hermann Zapf

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunakan Tipografi:

POSTER

silahkan teruskan membaca di sini

The Flag of Indonesia


Posting ini bukan sepenuhnya tulisan saya sendiri, esay ini saya baca dari portal berita terkemuka di Indonesia pada bagian Kolom yang ditulis oleh salah seorang wartawannya. Saya tertarik dengan artikel pertama kali dari judulnya, setelah membaca ternyata memang menarik bagaimana si penulis memandang segala pendapat warna negara Indonesia terhadap masalah yang dihadapi bangsa ini.
Tulisan aslinya bisa anda baca di http://bit.ly/e14Ixc. Silahkan dibaca, saya hanya ingin sharing saja.

Jakarta – Saya sering kali mendengar keluhan dari sejumlah kawan mengenai negara Indonesia. Di mata mereka, tidak ada yang benar terkait dengan negara Indonesia. Semuanya salah. Semuanya buruk. Namun, tidak satu pun dari yang berani atau berencana meninggalkan Indonesia.

Saat menonton televisi, membaca koran, mendengar radio, hal yang sama saya tangkap. Indonesia begitu buruk. Indonesia ibarat terkena penyakit ganas, yang sebentar lagi mati. Sekali lagi, tidak satu pun menyatakan diri akan meninggalkan Indonesia.

Biasanya, jika kita sudah tidak suka dengan sesuatu, ada dua pilihan yakni memperbaikinya atau meninggalkannya. Sungguh konyol tidak menyukai sesuatu, tapi terus mengeluhkannya sepanjang waktu. Tapi itulah pilihannya.

Yang mengatakan Indonesia buruk, bukan hanya mereka yang terkalahkan dari sistem liberalisme ekonomi yang sudah mengobrak-abrik Nusantara sejak pertengahan abad ke-19. Juga mereka yang sebenarnya makan dan minum dari uang negara Indonesia.

Misalnya, setelah rezim Soeharto jatuh, membuat ruang kekuasaan menjadi sangat terbuka. Orang kaya maupun orang miskin masuk menjadi bagian dari kekuasaan. Mereka ini sebelumnya para pengeluh dan menilai Indonesia sangat buruk.

Tidak ada perubahaan yang signifikan dilakukan mereka selama duduk dalam ruang kekuasaan. Menariknya mereka pun turut mengeluh, dan mengatakan Indonesia buruk. Mereka lebih berperan sebagai juru bicara ‘kemarahan’ rakyat. Mereka pun rela bermain drama saling memarahi, tanpa melakukan perubahaan dari apa yang dipersoalkan. Yang penting bagi mereka, mampu mengekspresikan kemarahan rakyat, terutama melalui ruang-ruang media massa.

silahkan teruskan baca disini..

About this blog

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi.


Sponsors

Kategori

Arsip

Follow me