Impresionis

Dalam posting saya kali ini, saya ingin memasukkan sedikit unsur seni seperti yang dulu pernah menjadi ketertarikan saya. Untuk informasi saja, saya hanyalah seorang penikmat seni, dan bukan pencipta seni. Ya bisa dibilang saya menyukai barang-barang bernilai seni tapi tidak terlalu pintar dalam berkarya. Sebagai mana saya menikmati waktu saya dalam mendengarkan musik dan menikmati karya seni lukisan ataupun foto di berbagai pameran seni tapi tidak bisa mencipta lagu ataupun melukis.

Satu hal yang dulu pernah saya gemari adalah tentang karya seni lukisan, beruntung saya tumbuh ditengah keluarga seni, walau tidak hanya seni lukis saja. Dua paman saya bergerak di bidang seni kriya dan almarhum kakek serta ibu saya dulu di seni tari. tapi entah kenapa saya sendiri gak pernah terlihat bakat seninya mengikuti mereka.
Ya sudah lah, tidak perlu dibahas lebih lanjut. Yang jelas dalam posting ini saya ingin menampilkan ketertarikan saya dulu terhadap satu jenis aliran dalam seni lukis dunia. Impresionis.

Aliran seni lukis impresionis ada mulai abad 19 yang berasalah dari pelukis-pelukis Perancis yang melalui pameran-pamerannya cukup menonjol selama tahun 1870an dan 1880an. Asal nama impresionis sendiri diturunkan dari judul sebuah lukisan oleh Claude Monet yang berjudul Impression, soleil levant (Impression, Sunrise) berikut:

Karakteristik dari aliran lukisan impresionis adalah cenderung kecil, tipis, namun sapuan kuas terlihat, komposisi terbuka, penekanan pada penggambaran akurat dari cahaya dan kualitasnya yang berubah (sering menonjolkan perjalanan waktu), umum, subjek biasa, dimasukkannya gerakan sebagai elemen penting dari persepsi dan pengalaman manusia, dan sudut visual yang tidak biasa.

Tokoh-tokoh yang tergabung dalam aliran impresionis ini antara lain:

(more…)

 

Komisi di DPR

Tahu kan kepanjangan DPR itu apa? Ya, lembaga negara bernama Dewan Perwakilan Rakyat ini dipilih dari rakyat untuk bekerja atas nama rakyat, tapi akhir-akhir ini kelakukan anggota dewan agak aneh, ada yang kerjanya cuma pindah tidur di gedung DPR, ada yang jalan2 pake alasan studi banding, sampe ada yang nonton video porno pas lagi sidang paripurna. Tapi saya mah gak mau bahas tentang sisi politisnya ah, dikiranya saya nanti mengkritisi, tidak semua anggota dewan seburuk yang terlihat, dan saya menyadari kalo mungkin saya tidak lebih baik dari mereka 😀

Posting ini tidak akan membahas lebih jauh dari sisi moral ataupun politis anggota dewan tersebut. Yang ingin saya bagi adalah tentang kinerja komisi-komisi yang ada dalam DPR. Oh ya, dalam badan perwakilan rakyat itu, kerja anggotanya dibagi berdasarkan bidang kerja tersendiri, dan masing-masing bidang kerja berada dalam satu kelompok yang disebut komisi. Secara total terdapat 11 komisi yang memiliki bidang kerja dengan perincian sebagai berikut:

1. Komisi I

  • Pertahanan
  • Intelijen
  • Luar Negeri
  • Komunikasi dan Informatika


2. Komisi II

  • Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah
  • Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  • Kepemiluan
  • Pertanahan dan Reforma Agraria

(more…)

 

Simpati vs Empati

Mungkin bagi kita yang tidak tahu akan sulit membedakan antara rasa simpati dan empati, atau mungkin sebagian dari kita akan menyamaratakan perasaan iba, kasihan atau sejenisnya ke dalam bentuk simpati. Tapi tahukah anda bahwa kedua rasa itu berbeda. Dalam posting ini saya akan sedikit membahas tentang kedua hal tersebut.

SIMPATI (Sympathy)
Secara etimologi kata simpati diturunkan dari kata dalam bahasa Yunani συμπάθεια (sympatheia) yang berasal dari kata σύν (syn) “bersama” and πάθος (pathos) “gairah, perasaan”, dalam hal ini “penderitaan” (dari πάσχωpascho, “terpengaruh oleh, menderita”).

(more…)

 

Software Release Lifecycle (Daur Hidup Peluncuran Perangkat Lunak)

Pernahkah anda bertanya tentang bagaimana sebenernya sistem pemberian nama versi dari sebuah software yang umum ada? Dalam posting ini saya akan membahas secara jelas bagaimana perputaran daur hidup dari sebuah versi software, dalam bahasa Inggris hal ini bernama Software Release Lifecycle. Untuk lebih memperjelas, silahkan cermati terlebih dahulu gambar berikut:

(more…)

 

Akronim Populer di Internet

Pernahkan anda menjumpai beberapa singkatan yang tidak anda ketahui artinya selama anda berselancar di dunia maya? Sering timbul pertanyaan tentang apa maksud dari akronim yang orang biasa berikan dalam aktifitas mereka berkomunikasi melalui media internet. Meski beberapa akronim sudah sangat umum digunakan namun ada beberapa pula yang mungkin baru pertama kali kita dengar.

Berikut ini daftar beberapa akronim yang sudah biasa digunakan oleh pengguna di dunia maya:

AFAIK : As Far As I Know
AFK : Away From Keyboard
ASAP : As Soon As Possible
BRB : Be Right Back
BTW : By The Way
CID : Crying In Disgrace
CMIIW : Contact Me If I’m Wrong
CU : See You
FAQ : Frequently Asked Question
FYI : For Your Information
GBU : God Bless You
GTG : Got To Go
ILU : I Love You
IMO : In My Opinion
IMHO : In My Humble Opinion
KIT : Keep In Touch
LOL : Laugh Out Loud
LMAO : Laugh My Ass Off
OMG : Oh My God
OT : Off Topic
OTOH : On The Other Hand
OTW : On The Way
PPL : People
ROFL : Rolling On Floor Laughing
TCOY : Take Care Of Yourself
THX : Thanks
TTYL : Talk To You Later
TY : Thank You
WOOT : We Own the Other Team
WTF : What The Fuck

Jadi, paling tidak anda sudah tahu apa maksud dari berbagai singkatan atau akronim yang kadang menghiasi berbagai artikel atau pembicaraan di dunia maya ini. Jika akronim yang anda cari tidak terdapat pada daftar diatas, silahkan anda lihat pada halaman Yahoo! Answer ini untuk lebih lengkapnya.

 

Dictionary Application Database Sample

The last few days I was working on my multi-language dictionary application using the Java programming language. And for building that application I need some words listed in lexicographic order that can be used as a sample database for the project.

After searching around from several websites and forums, I found two great websites that may help you not to sweat-a-lot to make a list of words for a dictionary application that I just created.

1. SIL International (http://www.sil.org/linguistics/wordlists/english/)
A list of 109.582 Home words compiled and corrected in 1991 from lists obtained from the Interociter bulletin board. The original file read.me said that the list Came from Public Brand Software.
This word list includes inflected forms, Such as plural nouns and the-s,-ed and-ing forms of verbs. Thus the number of lexical stems represented in the list is considerably Smaller Than the total number of words.

Available in DOS Text Format (.txt) & zipped

2. Universal Dictionary (http://www.dicts.info/uddl.php) *recommended
From this page you can download hundreds of different bilingual dictionaries for any combination of world languages. (Both languages have to be in the selected dictionary database). There are Few Freely available dictionaries on the Internet – our goal is to allow you to get virtually any bilingual dictionary That May you need free of charge.
There are four different dictionary databases available:

* Universal dictionary (maintained by the Dicts.info project)
* Wiktionary (maintained by the Wiktionary.org project)
* Omegawiki (maintained by the Omegawiki.org project)
* Wikipedia (maintained by the Wikipedia.org project)

Available in Text and XML formats.

Most of the wordlist is in Text format, but if you want to convert it to another form of database (MySQL, MS Access, etc) you may have to take one or two step more on spreadsheet application, or any other application that comfort you the most. I’m using MS Excel to convert it to MySQL using LOAD DATA LOCAL (.csv) on SQL command.

Hope it helps…

 

15 hal yang perlu anda ketahui tentang Kafein..

 

IPv4 versus IPv6

Tahukah anda bahwa saat ini perkembangan pengalamatan IP sudah berkembang dan mulai akan diimplementasikan standard baru yaitu IPv6. Kira2 perbedaan apa saja yang ada dengan versi IP terdahulu yaitu IPv4. Berikut artikel yang saya dapat:

Sebagai protokol pengalamatan internet generasi baru, IPv6 tentu hadir dengan berbagai kelebihan ketimbang sang pendahulunya, IPv4.
Berikut adalah perbedaan antara IPv4 dan IPv6 menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo):

Fitur
IPv4: Jumlah alamat menggunakan 32 bit sehingga jumlah alamat unik yang didukung terbatas 4.294.967.296 atau di atas 4 miliar alamat IP saja. NAT mampu untuk sekadar memperlambat habisnya jumlah alamat IPv4, namun pada dasarnya IPv4 hanya menggunakan 32 bit sehingga tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan internet dunia.

IPv6: Menggunakan 128 bit untuk mendukung 3.4 x 10^38 alamat IP yang unik. Jumlah yang masif ini lebih dari cukup untuk menyelesaikan masalah keterbatasan jumlah alamat pada IPv4 secara permanen.

Routing
IPv4: Performa routing menurun seiring dengan membesarnya ukuran tabel routing. Penyebabnya pemeriksaan header MTU di setiap router dan hop switch.

IPv6: Dengan proses routing yang jauh lebih efisien dari pendahulunya, IPv6 memiliki kemampuan untuk mengelola tabel routing yang besar.

baca selengkapnya disini

 

Mengenal Tipe Kegemukan

Masalah bentuk atau berat badan kadang menjadi masalah yang benar-benar penting bagi kita, dari masalah segi kesehatan ataupun penampilan. Memang tidak masalah jika anda adalah orang yang berada pada kondisi badan yang normal atau ideal, tapi bagi anda yang cenderung memiliki bentuk badan gemuk, informasi berikut mungkin berguna untuk anda.

Orang termasuk dalam kondisi sakit gemuk (obesitas) bila kelebihan berat tersebut melebihi 20% dari berat tubuh ideal. Pada penderita obesitas, tempat penimbunan cadangan makanan sudah penuh sehingga kelebihan cadangan makanan yang masih tersisa akan disimpan di tempat yang kadang tidak lazim. Penimbunan lemak tersebut di sekitar organ yang sangat penting seperti jantung, ginjal, dan hati sehingga dapat mengganggu fungsi organ tersebut.

Berikut ini jenis-jenis kegemukan berdasarkan tipe-tipe tertentu:

1. KEGEMUKAN MENURUT DISTRIBUSI LEMAK
Berdasarkan distribusi lemak dalam tubuh, kegemukan dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe android dan ginoid.
* Tipe android
Tubuh gemuk tipe android ditandai dengan penumpukan lemak yang berlebihan di bagian tubuh sebelah atas, yaitu di sekitar dada, pundak, leher, dan muka. Akibatnya, tubuh bagian atas terkesan lebih besar bila dibandingkan tubuh bagian bawah sehingga menyerupai buah apel. Kegemukan tipe ini lebih banyak terjadi pada pria dan wanita yang sudah mengalami menopouse. Lemak jenuh yang mengandung sel-sel besar banyak menumpuk pada tipe android. Keadaan ini sejalan dengan penelitian Vague, peneliti dari Perancis, yang mengemukakan bahwa tipe android ini potensial berisiko lebih tinggi terhadap serangan penyakit yang berhubungan dengan metabolisme lemak dan glukosa seperti penyakit gula, jantung koroner, stroke, pendarahan otak, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kemungkinan untuk terserang kanker payudara enam kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mempunyai berat tubuh normal. Namun, penderita kegemukan tipe ini masih memiliki segi yang menguntungkan, yaitu lebih mudah menurunkan berat tubuh dibanding tipe ginoid. Proses penurunan tersebut dapat terlihat nyata bila diikuti dengan diet dan olahraga yang tepat. Melihat hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang pria kurus dengan perut gendut lebih berisiko dibandingkan dengan pria yang lebih gemuk dengan perut lebih kecil.
* Tipe ginoid
Gemuk tipe ginoid ditandai dengan penimbunan lemak di bagian tubuh sebelah bawah, yaitu sekitar perut, pinggul, paha, dan pantat. Kegemukan tipe ini banyak terjadi pada wanita. Lemak penyebab kegemukan ini terdiri atas lemak tidak jenuh serta sel lemak kecil dan lembek. Lemak dinyatakan tidak jenuh bila rantai karbon penyusun lemak tersebut mempunyai ikatan rangkap. Dari segi kesehatan tipe ini lebih aman bila dibandingkan dengan tipe android karena risiko kemungkinan terkena penyakit degeneratif lebih kecil. Akan tetapi, lebih sukar menurunkan kelebihan berat tubuh pada tipe ini karena lemak-lemak tersebut lebih sukar mengalami proses metabolisme.
 

Tim & Stadion Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Anda tentu tahu bahwa sebentar lagi akan ada event sepakbola internasional yang bernama Piala Dunia, event yang akan di selenggarakan di negara Afrika Selatan ini akan berlangsung dari tanggal 11 Juni – 11 Juli 2010. Penasaran negara mana saja yang masuk kualifikasi dan akan bertanding pada acara ini? Berikut daftar 32 tim yang akan berlaga di kompetisi sepakbola terbesar itu:

AFC (Asian Footbal Confederation)
CAF (Confederation of African Football)
CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football)
CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol)
OFC (Oceania Football Confederation)
UEFA (Union of European Football Associations)

Semua tim dari berbagai negara yang lolos kualifikasi tersebut akan bertanding di beberapa stadion yang telah disediakan oleh panitia berikut:

Kota : Johannesburg
Nama Stadion : Soccer City Stadium
Lokasi : 26°14′5.27″S 27°58′56.47″E
Kapasitas : 94.700 Penonton

Photo:

Kota : Durban
Nama Stadion : Moses Mabhida Stadium
Lokasi : 29°49′46″S 31°01′49″E
Kapasitas : 70.000 Penonton

Photo:

Kota : Cape Town
Nama Stadion : Green Point/Cape Town Stadium
Lokasi : 33°54′12.46″S 18°24′40.15″E
Kapasitas : 69.070 Penonton

Photo:

Kota : Johannesburg
Nama Stadion : Ellis Park Stadium
Lokasi : 26°11′51.07″S 28°3′38.76″E
Kapasitas : 62.567 Penonton

Photo:

Kota : Pretoria
Nama Stadion : Loftus Versfeld Stadium
Lokasi : 25°45′12″S 28°13′22″E
Kapasitas : 51.760 penonton

Photo:

Kota : Port Elizabeth
Nama Stadion : Nelson Mandela Bay Stadium
Lokasi : 33°56′16″S 25°35′56″E
Kapasitas : 48.000 Penonton

Photo:

Kota : Bloemfontein
Nama Stadion : Free State Stadium
Lokasi : 29°07′02.25″S 26°12′31.85″E
Kapasitas : 48.000 Penonton

Photo:

Kota : Polokwane
Nama Stadion : Peter Mokaba Stadium
Lokasi : 23°55′29″S 29°28′08″E
Kapasitas : 46.000 Penonton

Photo:

Kota : Rustenburg
Nama Stadion : Royal Bafokeng Stadium
Lokasi : 25°34′43″S 27°09′39″E
Kapasitas : 44.530 Penonton

Photo:

Kota : Nelspruit
Nama Stadion : Mbombela Stadium
Lokasi : 25°27′42″S 30°55′47″E
Kapasitas : 43.589 Penonton

Photo:

source: http://www.fifa.com/worldcup/destination/stadiums – http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_World_Cup_2010

 

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives