Software Release Lifecycle (Daur Hidup Peluncuran Perangkat Lunak)

Pernahkah anda bertanya tentang bagaimana sebenernya sistem pemberian nama versi dari sebuah software yang umum ada? Dalam posting ini saya akan membahas secara jelas bagaimana perputaran daur hidup dari sebuah versi software, dalam bahasa Inggris hal ini bernama Software Release Lifecycle. Untuk lebih memperjelas, silahkan cermati terlebih dahulu gambar berikut:

(more…)

 

Beginilah panda tercipta :)

 

The Real Baking Life

Dari sejak kecil, saya selalu punya cita-cita atau paling tidak keinginan untuk menjadi seorang Chef, Pâtissière, atau ahli dibidang kuliner. Mungkin karena saya terlalu banyak nonton film kartun seperti Yoichi Si Anak Citarasa, atau terlalu banyak baca komik seperti Yakitate Japan. Terlepas dari itu semua, saya memang ingin bisa memasak untuk semua orang disekitar saya. Kata orang, makan masakan yang enak juga bisa bikin kita bahagia, dan saya juga ingin orang yang memakan masakan saya menjadi bahagia 🙂

Apa hubungannya dengan posting kali ini? Yang jelas, temanya sekarang adalah tentang makanan #tibatibalaper 😛

Jika anda pernah memainkan game di Facebook dengan nama Baking Life, pastinya anda akan mengenal beberapa gambar roti maupun pastry berikut ini:

Ya, beberapa makanan diatas adalah jenis roti dan pastry yang dapat anda masak dan perjualbelikan dalam game Baking Life. Tapi pernahkah anda bertanya apa sih sebenarnya roti tersebut atau seperti apa wujud aslinya? Saya sendiri selalu punya pertanyaan itu, dan dari sekedar iseng-iseng, saya coba cari informasi dan foto terkait beberapa roti diatas. Berikut ini akan saya coba jelaskan beberapa hal tentang roti diatas. Silahkan teruskan baca disini

 

Akronim Populer di Internet

Pernahkan anda menjumpai beberapa singkatan yang tidak anda ketahui artinya selama anda berselancar di dunia maya? Sering timbul pertanyaan tentang apa maksud dari akronim yang orang biasa berikan dalam aktifitas mereka berkomunikasi melalui media internet. Meski beberapa akronim sudah sangat umum digunakan namun ada beberapa pula yang mungkin baru pertama kali kita dengar.

Berikut ini daftar beberapa akronim yang sudah biasa digunakan oleh pengguna di dunia maya:

AFAIK : As Far As I Know
AFK : Away From Keyboard
ASAP : As Soon As Possible
BRB : Be Right Back
BTW : By The Way
CID : Crying In Disgrace
CMIIW : Contact Me If I’m Wrong
CU : See You
FAQ : Frequently Asked Question
FYI : For Your Information
GBU : God Bless You
GTG : Got To Go
ILU : I Love You
IMO : In My Opinion
IMHO : In My Humble Opinion
KIT : Keep In Touch
LOL : Laugh Out Loud
LMAO : Laugh My Ass Off
OMG : Oh My God
OT : Off Topic
OTOH : On The Other Hand
OTW : On The Way
PPL : People
ROFL : Rolling On Floor Laughing
TCOY : Take Care Of Yourself
THX : Thanks
TTYL : Talk To You Later
TY : Thank You
WOOT : We Own the Other Team
WTF : What The Fuck

Jadi, paling tidak anda sudah tahu apa maksud dari berbagai singkatan atau akronim yang kadang menghiasi berbagai artikel atau pembicaraan di dunia maya ini. Jika akronim yang anda cari tidak terdapat pada daftar diatas, silahkan anda lihat pada halaman Yahoo! Answer ini untuk lebih lengkapnya.

 

What is typography?

Apa itu tipografi? Menurut Ellen Lupton: “Typhography is what language looks like.”. Tipografi adalah bagaimana sebuah bahasa bisa ditampilkan secara visual, ini adalah seni dan teknik dalam membuat tulisan, modifikasi huruf dan mengatur susunan huruf maupun tulisan.

Tipografi umumnya dilakukan oleh tipografer, seniman grafis, pengarah seni dan siapapun yang memerlukan visual tulisan untuk menyampaikan pesan. Tujuan utama dari tipografi adalah pengaturan element desain tulisan yang ada sehingga memungkinkan pembaca untuk lebih fokus kepada pesan yang diberikan tanpa mengurangi kecepatan membacanya.

“Typography is two-dimensional architecture, based on experience and imagination, and guided by rules and readability. And this is the purpose of typography: The arrangement of design elements within a given structure should allow the reader to easily focus on the message, without slowing down the speed of his reading.” Hermann Zapf

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunakan Tipografi:

POSTER

silahkan teruskan membaca di sini

 

Mari Terus Mengeluhkan Indonesia

The Flag of Indonesia


Posting ini bukan sepenuhnya tulisan saya sendiri, esay ini saya baca dari portal berita terkemuka di Indonesia pada bagian Kolom yang ditulis oleh salah seorang wartawannya. Saya tertarik dengan artikel pertama kali dari judulnya, setelah membaca ternyata memang menarik bagaimana si penulis memandang segala pendapat warna negara Indonesia terhadap masalah yang dihadapi bangsa ini.
Tulisan aslinya bisa anda baca di http://bit.ly/e14Ixc. Silahkan dibaca, saya hanya ingin sharing saja.

Jakarta – Saya sering kali mendengar keluhan dari sejumlah kawan mengenai negara Indonesia. Di mata mereka, tidak ada yang benar terkait dengan negara Indonesia. Semuanya salah. Semuanya buruk. Namun, tidak satu pun dari yang berani atau berencana meninggalkan Indonesia.

Saat menonton televisi, membaca koran, mendengar radio, hal yang sama saya tangkap. Indonesia begitu buruk. Indonesia ibarat terkena penyakit ganas, yang sebentar lagi mati. Sekali lagi, tidak satu pun menyatakan diri akan meninggalkan Indonesia.

Biasanya, jika kita sudah tidak suka dengan sesuatu, ada dua pilihan yakni memperbaikinya atau meninggalkannya. Sungguh konyol tidak menyukai sesuatu, tapi terus mengeluhkannya sepanjang waktu. Tapi itulah pilihannya.

Yang mengatakan Indonesia buruk, bukan hanya mereka yang terkalahkan dari sistem liberalisme ekonomi yang sudah mengobrak-abrik Nusantara sejak pertengahan abad ke-19. Juga mereka yang sebenarnya makan dan minum dari uang negara Indonesia.

Misalnya, setelah rezim Soeharto jatuh, membuat ruang kekuasaan menjadi sangat terbuka. Orang kaya maupun orang miskin masuk menjadi bagian dari kekuasaan. Mereka ini sebelumnya para pengeluh dan menilai Indonesia sangat buruk.

Tidak ada perubahaan yang signifikan dilakukan mereka selama duduk dalam ruang kekuasaan. Menariknya mereka pun turut mengeluh, dan mengatakan Indonesia buruk. Mereka lebih berperan sebagai juru bicara ‘kemarahan’ rakyat. Mereka pun rela bermain drama saling memarahi, tanpa melakukan perubahaan dari apa yang dipersoalkan. Yang penting bagi mereka, mampu mengekspresikan kemarahan rakyat, terutama melalui ruang-ruang media massa.

silahkan teruskan baca disini..

 

15 hal yang perlu anda ketahui tentang Kafein..

 

IPv4 versus IPv6

Tahukah anda bahwa saat ini perkembangan pengalamatan IP sudah berkembang dan mulai akan diimplementasikan standard baru yaitu IPv6. Kira2 perbedaan apa saja yang ada dengan versi IP terdahulu yaitu IPv4. Berikut artikel yang saya dapat:

Sebagai protokol pengalamatan internet generasi baru, IPv6 tentu hadir dengan berbagai kelebihan ketimbang sang pendahulunya, IPv4.
Berikut adalah perbedaan antara IPv4 dan IPv6 menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo):

Fitur
IPv4: Jumlah alamat menggunakan 32 bit sehingga jumlah alamat unik yang didukung terbatas 4.294.967.296 atau di atas 4 miliar alamat IP saja. NAT mampu untuk sekadar memperlambat habisnya jumlah alamat IPv4, namun pada dasarnya IPv4 hanya menggunakan 32 bit sehingga tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan internet dunia.

IPv6: Menggunakan 128 bit untuk mendukung 3.4 x 10^38 alamat IP yang unik. Jumlah yang masif ini lebih dari cukup untuk menyelesaikan masalah keterbatasan jumlah alamat pada IPv4 secara permanen.

Routing
IPv4: Performa routing menurun seiring dengan membesarnya ukuran tabel routing. Penyebabnya pemeriksaan header MTU di setiap router dan hop switch.

IPv6: Dengan proses routing yang jauh lebih efisien dari pendahulunya, IPv6 memiliki kemampuan untuk mengelola tabel routing yang besar.

baca selengkapnya disini

 

Tim & Stadion Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Anda tentu tahu bahwa sebentar lagi akan ada event sepakbola internasional yang bernama Piala Dunia, event yang akan di selenggarakan di negara Afrika Selatan ini akan berlangsung dari tanggal 11 Juni – 11 Juli 2010. Penasaran negara mana saja yang masuk kualifikasi dan akan bertanding pada acara ini? Berikut daftar 32 tim yang akan berlaga di kompetisi sepakbola terbesar itu:

AFC (Asian Footbal Confederation)
CAF (Confederation of African Football)
CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football)
CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol)
OFC (Oceania Football Confederation)
UEFA (Union of European Football Associations)

Semua tim dari berbagai negara yang lolos kualifikasi tersebut akan bertanding di beberapa stadion yang telah disediakan oleh panitia berikut:

Kota : Johannesburg
Nama Stadion : Soccer City Stadium
Lokasi : 26°14′5.27″S 27°58′56.47″E
Kapasitas : 94.700 Penonton

Photo:

Kota : Durban
Nama Stadion : Moses Mabhida Stadium
Lokasi : 29°49′46″S 31°01′49″E
Kapasitas : 70.000 Penonton

Photo:

Kota : Cape Town
Nama Stadion : Green Point/Cape Town Stadium
Lokasi : 33°54′12.46″S 18°24′40.15″E
Kapasitas : 69.070 Penonton

Photo:

Kota : Johannesburg
Nama Stadion : Ellis Park Stadium
Lokasi : 26°11′51.07″S 28°3′38.76″E
Kapasitas : 62.567 Penonton

Photo:

Kota : Pretoria
Nama Stadion : Loftus Versfeld Stadium
Lokasi : 25°45′12″S 28°13′22″E
Kapasitas : 51.760 penonton

Photo:

Kota : Port Elizabeth
Nama Stadion : Nelson Mandela Bay Stadium
Lokasi : 33°56′16″S 25°35′56″E
Kapasitas : 48.000 Penonton

Photo:

Kota : Bloemfontein
Nama Stadion : Free State Stadium
Lokasi : 29°07′02.25″S 26°12′31.85″E
Kapasitas : 48.000 Penonton

Photo:

Kota : Polokwane
Nama Stadion : Peter Mokaba Stadium
Lokasi : 23°55′29″S 29°28′08″E
Kapasitas : 46.000 Penonton

Photo:

Kota : Rustenburg
Nama Stadion : Royal Bafokeng Stadium
Lokasi : 25°34′43″S 27°09′39″E
Kapasitas : 44.530 Penonton

Photo:

Kota : Nelspruit
Nama Stadion : Mbombela Stadium
Lokasi : 25°27′42″S 30°55′47″E
Kapasitas : 43.589 Penonton

Photo:

source: http://www.fifa.com/worldcup/destination/stadiums – http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_World_Cup_2010

 

Chrome – Browser with MP3 Player

Tentu anda tahu apa yang disebut browser kan? Seperti yang saya tulis di posting saya yang lalu tentang apa itu browser, fungsi utama aplikasi ini adalah untuk melakukan perjalanan ke berbagai situs/website yang tersedia di dunia maya, anda bisa menjelajah berbagai fasilitas yang disediakan melalui jaringan internet. Selain fungsi utama itu, browser juga sudah berkembang menjadi fasilitas pembaca dokumen dengan format tertentu seperti Flash, JPG, TXT, PDF, dan lain sebagainya. Tapi untuk bisa membaca beberapa format file yang sudah saya sebutkan diatas, sebuah browser membutuhkan plugin atau tambahan fitur tertentu untuk bisa menterjemahkan format file tersebut.

Beberapa hari yang lalu secara tidak sengaja saya menemukan satu fasilitas/fitur yang mungkin tidak diketahui orang banyak pada browser Chrome, aplikasi browser besutan Google ini memungkinkan kita bisa memutar file musik berekstensi MP3. Caranya anda tinggal pilih file MP3 anda untuk dibuka (open with) dengan Google Chrome, atau bisa drag n drop file MP3 anda pada salah satu tab Chrome yang sedang aktif. Kemudian anda akan mendapatkan tampilan semacam ini:

MP3 Player pada browser Google Chrome ini tergolong sederhana dari segi tampilan maupun fungsinya. Meski hanya memiliki tombol play/pause, timeline, penunjuk waktu, dan pengatur volume saja, tapi suara yang dihasilkan cukup bagus untuk sebuah browser, tidak terlalu jauh berbeda pada aplikasi pemutar musik lainnya. Yang menurut saya kurang pada aplikasi ini adalah tidak adanya playlist yang bisa menjadi daftar musik yang akan diputar.

Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, silahkan coba sendiri dengan cara yang sudah saya berikan. Untuk download Google Chrome silahkan lakukan dari link berikut.

NB: jika anda melakukan hal yang sama pada browser yang lain, kebanyakan aplikasi tersebut akan menterjemahkan sebagai perintah download.

 

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives