Tentang “Everybody Draw Mohammed Day – 20 Mei”

Saya tahu bahwa ini berawal dari salah paham dari seorang http://mollynorris.com yang membuat kehebohan dengan membuat halaman “Everybody Draw Mohammed Day” di jejaring sosial Facebook. Banyak kontroversi yang kemudian muncul dengan adanya halaman ini.

Bagi muslim tentu tahu, kehebohan ini muncul karena dalam ajaran agama Islam sendiri tidak diperbolehkan menggambarkan Nabi atau Rasul dengan bentuk serupa manusia, baik itu dalam bentuk gambar maupun patung. Dengan adanya halaman itu, sontak memicu berbagai pendapat dikalangan masyarakat yang pro maupun kontra. Muslim jelas menentang aksi ini, tapi bagi mereka yang non muslim, penolakan ini dianggap sebagai bentuk pembatasan yang tidak berdasar, mereka berfikir bahwa mereka seharusnya bebas menggambar karakter siapapun yang mereka inginkan.

Perlawanan terhadap gerakan ini pun muncul di halaman facebook sebagai reaksi menentang, salah satunya adalah Against “Everybody Draw Mohammed Day – May 20” dan saya tergabung di dalamnya. Ada satu pesan yang saya share pada halaman itu yang berbunyi:

“Liberty or creativity must be followed by responsibility… It’s a muslim faith that Muhammad SAW should never be illustrated in human form, and others (non-muslim) should respect that. Thank you.”

Bahwa kebebasan dalam berkreatifitas hendaknya di ikuti dengan sebuah tanggung jawab, sudah menjadi keyakinan seorang muslim bahwa Nabi Muhammad SAW tidak boleh digambarkan dalam sosok manusia, dan seharusnya bagi orang non muslim bisa menghargai hal itu.

Ternyata pesan itu mendapat respon dari orang yang non-muslim dan mempertanyakan hal berikut:

“Please justify to me why I must follow your religious doctrine? Then why do Yanwar start this thread by saying that “Muhammad SAW should never be illustrated in human form, and others (non-muslim) should respect that”. I do respect all your ways of life as well as I respect myself. By the way, I do not understand where that comment came from or what its purpose is. But I respect myself as well as others and their beliefs. I do however, have a strong objection to being told how to or not to think about any religion. I know what I will answer to my question and I justify to myself daily my beliefs. I would like a believer to explain to me why he thinks it is necessary for me to follow anything religious just because he says so.”

Dan jawaban saya jelas dengan sedikit mengambil dari analogi yang sangat sederhana:

“Yup, its all about respect, I believe that religions do have rights just like human. Take a simple sample: if you don’t want somebody step on the grass in your front yard, others should respect that. I know you have your own reason from forbidding people do that.

other sample: we should never park in the ‘disable parking space’ if we are “normal” people. why? because we should respect to others right, the disabled person’s right.

It is similar with: if you don’t want other people swim in your swimming pool? Do you need to tell them what is the reason? I think its not important, it’s your swimming pool, you have your own rule and other people should understand that.

I don’t force you to follow my religions doctrine, I never force anyone to follow my religions doctrine, that’s why I used the word ‘should’. I didn’t say that “others (non-muslim) MUST respect that”. Islam is the religion of peace, but you should understand too that Islam have the limit of tolerance.

In this case, you can draw any cartoon character figure as you want, we respect your creativity and your liberty. What we moslem don’t agree is if you claim your drawing is Muhammad SAW, the last prophet of Islam.

So, please understand that, thank you.”

Ya, anda pasti tahu maksud jawaban saya diatas, intinya adalah tentang saling menghargai, saya yakin bahwa agama juga memiliki haknya, sebut saja hak untuk berkembang, hak untuk menjalankan keyakinannya, hak untuk dihormati, dll. Ambil saja sebuah contoh sederhana, jika anda tidak ingin orang lain menginjak rumput di halaman rumah anda, seharusnya bagi orang lain yang tahu, memahami hal itu, dan saya yakin anda punya alasan sendiri kenapa anda melarang orang melakukannya.

Contoh lain yang mungkin cocok untuk kasus ini adalah jika kita tidak mau orang lain berenang di kolam renang milik kita, apakah perlu kita menjelaskan apa alasannya? saya pikir itu menjadi tidak penting karena kolam itu adalah kolam renang kita sendiri, dan kita punya aturan sendiri dalam menggunakannya, dengan tahu hal itu, seharusnya orang lain memahami dan menghormati larangan tersebut, bukannya malah memaksa dan nekat berenang di kolam kita. Jadi menurut anda bagaimana? Benar atau salah?

Saya yakin bahwa saya tidak pernah memaksa orang untuk memahami dan mengikuti ajaran Islam, karena bagi saya sendiri, saya merasa belum sepenuhnya menjalankan ajaran agama yang saya anut sendiri. Tapi yang ingin saya jelaskan bahwa bagi orang lain yang berbeda keyakinan untuk bisa menghargai dan menghormati aturan yang ada dalam suatu ajaran agama lain.

Siapapun boleh menggambar karakter apapun yang meraka inginkan, tapi yang tidak berkenan adalah jika mereka menyatakan bahwa gambar tersebut adalah gambar Nabi Muhammad SAW yang bagi agama Islam dilarang penggambarannya dalam rupa manusia (itulah kenapa Nabi Muhammad SAW selalu digambarkan dengan tulisan arab-seperti gambar di paling atas, atau dilambangkan dengan cahaya yang terang dalam suatu adegan film).

Semoga ini bisa memperjelas maksud pendapat saya dan bisa sedikit memberi pemahaman bagi yang merasa berbeda pendapat dengan saya. Tapi saya tetap menghormati jika anda memiliki pendapat yang lain.

اللّه أكبر

 

chat dengan Al Quran

Dari beberapa bot yang ada di ym, aku menemukan satu yang menurutku berguna, paling tidak untukku atau untuk orang2 muslim diseluruh dunia. kenapa? Karena kalo kita chat dengan id YM ini, kita tidak akan mendapat jawaban selayaknya jawaban seorang manusia (interaksi dengan bahasa natural), tapi jawaban dari sebuah mesin atau bot yang akan menjawab semua permintaan anda tentang isi Al Quran. yah, bisa dibilang chatting dengan isi Al Quran.

Bagaimana cara kerjanya? silahkan baca disini

 

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives