Koleksi Uang Kertas Kuno

Sedikit mengulas masalah hobby nih, sebenarnya aku sempat menjadi seorang filatelis dan kolektor uang beberapa tahun yang lalu. Tapi saat ini udah berhenti karena kurang bisa menemukan keasikan dalam hal itu, dan tentu saja faktor kegigihan untuk bisa menemukan barang2 tersebut yang tidak begitu muncul. Koleksi perangko terakhir yang berhasil aku dapat adalah satu set edisi terbitan pertama 100 Tahun Bung Karno dan Bung Hatta, karena setelah mendapatkan itu, kegiatan mengumpulkan perangko tidak kuteruskan.

Beberapa kegiatan yang masih aku jalankan sampai saat ini adalah mengumpulkan berbagai jenis koin, mulai dari Uang Koin, Koin Game, dan apapun yang bentuknya berupa koin. Karena menurutku lebih mudah merawatnya dan lebih mudah mendapatkannya. Sampai sekarang mungkin ada sekitar 100 jenis koin yang udah aku punya, dan semoga terus bertambah. Harapannya kalo nanti udah banyak, mau aku simpan di gudangku sendiri mirip kaya paman gober itu, biar bisa berenang diantara kolam2 koin itu. he3x.

Selain Perangko dan Koin itu, sebenarnya ada lagi satu jenis barang yang sebenarnya tidak aku koleksi tapi aku punya, yaitu uang kertas kuno. Alasan kenapa aku punya aku sendiri tidak tahu karena uang kertas ini ada di album filateli ku jaman SMP dulu. Karena aku tidak bisa merawat dan menyimpannya, sebagian udah aku berikan pada saudaraku yang lebih perhatian sama uang kuno. Berikut ini beberapa uang kuno yang aku miliki, harapannya kalo ada yang tahu info apapun tentang uang2 ini bisa saling berbagi informasi. Atau bahkan jika ada yang tahu kalo uang itu bukan uang yang digunakan untuk sistem pembayaran alias uang palsu/mainan, silahkan comment, terima kasih.

1.
Photobucket Photobucket
Nilai tertera: 50 Pfg
Tahun tertera: Oktober 1922
Dimensi: 85 mm X 60 mm

2.
Photobucket Photobucket
Nilai tertera: 50 Pfg
Tahun tertera: Agustus 1921
Dimensi: 100 mm X 75 mm

3.
Photobucket Photobucket
Nilai tertera: 1 Mark
Tahun tertera: 1922
Dimensi: 100 mm X 70 mm

silahkan teruskan melihat secara lengkap disini

 

music of the month – JASON MRAZ

Masalah selera musik, sebenarnya genre yang aku suka tuh jazz, tapi kadang2 juga bisa terbuka untuk genre musik lain, salah satunya lagu2 yang dalam 2 minggu ini udah aku dengerin secara berulang-ulang. Agak susah mendefinisikan penyanyi yang satu ini karena dia ternyata biasa mengemas berbagai genre lagu dalam satu album, dan dari sejarah musiknya (discography) memang dia terpengaruh terhadap genre2 musik seperti reggae, pop, rock, folk, jazz, and hip hop.

Siapa dia? Seperti judul postingnya ini, penyanyi itu adalah Jason Mraz. Dengan singlenya yang berjudul “I’m Yours”, Jason berhasil masuk 10 besar chart musik di 10 negara, dan 5 diantaranya berada di posisi puncak. Lima negara tersebut adalah Amerika, Italia, Norwegia, Swedia dan New Zealand. Memang lagu “I’m Yours” sangat easy listening dengan irama reggeanya yang dipadu dengan lirik yang apik. Bagi yang belum tahu lagunya, silahkan simak video berikut:

Berikut lirik lagu diatas:

Well you done done me and you bet i felt it
I tried to be chill but you were so hot that i melted
I fell right through the cracks and i’m trying to get back
Before the cool done run out I’ll be giving it my bestest
Nothin’s gonna stop me but divine intervention
I reckon its again my turn to win some or learn some

But I won’t hesitate no more, no more
it cannot wait, i’m yours
Silahkan teruskan disini

 

Mari Berwisata Fotografi di Jogjakarta

Bagi anda pecinta fotografi yang kebetulan berada di jogja saat ini, informasi berikut mungkin berguna untuk anda. Dalam satu minggu ini saya mendapatkan berbagai informasi tentang beberapa pameran fotografi yang diadakan secara terpisah di seputaran jogja. Berikut ini beberapa pameran fotografi yang telah saya kunjungi dan patut anda lihat juga:

  • Pameran “100x France” di Gallery Srisasanti Jl. Palagan Tentara Pelajar 52A yang berlansung dari tanggal 19 hingga 30 November 2008. Pameran 100 foto ini menengok kembali sejarah fotografi dengan diawali oleh fotografi pertama di dunia karya Nicephore Niepce tahun 1826 yang berjudul Point de vue pris d’une fenêtre du Gras (Sudut pandang dari jendela Gras). Keseratus foto yang dipamerkan ini, baik karya fotografer yang terkenal di dunia maupun anonim, menggambarkan hubungan antara fotografi dengan sejarah, teknik, ilmu pengetahuan, juga antara fotografi dan seni rupa.

  • Pameran “Sembilan Wali dan Siti Jenar” oleh Seno Gumira Adjidarma di Sangkring Art Space Nitiprayan RT 01/20 No 88 yang berlangsung mulai dari tanggal 19 hingga 25 November 2008. Dalam pameran ini, Seno mencoba untuk menggali berbagai kisah dan sejarah dari kesembilan wali (Wali Sanga) yang pernah ada, mulai dari kisah hidupnya sampai dengan peninggalan-peninggalannya berupa ajaran maupun makam-makamnya yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi oleh para peziarah.
  • Pameran “Merapi Tidak Pernah Ingkar Janji” di Lt 2 Toko Buku Togamas Jl. Affandi No 5 mulai berlangsung tanggal 17 hingga 22 November 2008. Dalam pameran ini, ditampilkan beberapa foto2 penting yang mengambil Gunung Merapi sebagai fokus utamanya, mulai dari beberapa letusan yang pernah terjadi hingga kehidupan yang terjadi disekitarnya. Fotografer yang berkontribusi disini adalah fotografer jurnalis ternama dari kantor berita seperti Reuters, Antara dan beberapa kantor berita lokal maupun internasional lainnya.
  • Pameran Fotografi berjudul “Potret” di Bentara Budaya Kompas berlangsung hingga tanggal 26 November 2008 menceritakan sejarah perkembangan awal fotografi di Indonesia, beberapa dokumentasi yang dilakukan oleh Kassian Chepas (Bapak Fotografi Indonesia), dan juga beberapa foto yang diakui telah mengubah wajah dunia, foto2 ini seperti foto penerbangan pertama kali yang dilakukan Wright bersaudara, foto Gandhi yang sedang menenun, serta foto pengibaran bendera di Iwojima. Yang juga menarik dalam pameran ini adalah adanya beberapa koleksi kamera dari mulai kamera intip hingga kamera digital milik Agus Leonardus.

Selain beberapa pameran diatas, ada event pameran lain yang jelas patut anda hadiri, Pameran Fotografi bertajuk “Goin Underwater” ini memberikan suasana lain untuk pecinta fotografi dengan menghadirkan hasil karya fotografi dari bawah air. Pameran yang diselenggarakan oleh Unit Selam UGM ini akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 29 November 2008 di Coral Gallery, Jl. Affandi (Gejayan) CT X / 82. Anda akan diajak untuk menjelajahi suasana kehidupan bawah air yang tentunya penuh dengan hal-hal menarik yang mungkin belum anda tahu. Jadi, pastikan anda datang dan mengalami petualangan bawah laut melalui media foto.

 

Penuh Rahasia – Puisi

Untuk mengisi kekosongan sejak kemenangan obama, dan daripada tulisan saya cuma nganggur di notebooknya google, akhirnya saya pengen menghadirkan salah satu karya saduran saya yang berbentuk puisi.

Boleh ditanggapi beragam, la wong saya cuma berekspresi, biar kelihatan pujangga, begitu. 😀 Monggo dinikmati.

PENUH RAHASIA

Jauh disana terhampar rumput hijau
Dibawah lingkungan pembatasan bumi dengan langit
Segaris hijau kebiruan pohon-pohonan
Langit yang kuning muda bersisik putih
Diantaranya terjalin warna sepuhan emas perada

Jauh sedikit dari sana
Tumpukan awan berbagai bentukyang terhalus puspa warna

Tak jauh darinya bintang sebuah kerlip-mengerlip seakan mata masih rungau
Terkadang-kadang benda kecil itu hilang disembunyikan awan putih

Hei, puspa warna berangsur menghilang lenyap di balik garis hijau tadi
Serta pancaran emas gagah perkasa itu diselimuti oleh awan tipis berbercak

Mengapa gelap ?
Mengapa berganti warna semacam ini, selaku sayu pandangan ?
Mengapa matahari kan sembunyi sendiri ?

Dingin …
Seluk membelai kenangan impian masa silam
Membangkit, mengorek perbendaharaan di kalbu

Mengapa mega kau tak bersolek lagi ?
Mengapa langit melengkung putih kebiruan menolak warna ?
Mengapa isi alam sunyi diam menyambut perubahan siang dan malam ?
Bukankah dibalik perubahan yang dingin mati disambut angin menyegar tubuh
Akh, bukankah Si Raja Siang yang gagah perkasa, yang memerintah selama siang itu
Diganti oleh Si Dewi Malam
Si Cantik manis akan memerintah semalaman dengan belaian sinar yang lembut itu
Dan di sisi sepuhan perak
Berkilau kerlipan permata terhampar di beledu biru
Bersukaria bermain caya

Bukankah,
Bukankah ribuan permata intan berlian
Tanding-bertanding menguji caya
Siapa terindah diantara berjuta ?
Memanglah
Tiap-tiap perubahan mengandung penuh rahasia

091999
yanwar i m

 

USA Vote – Barack Hussein Obama to be US President

Sejarah tercetak, begitulah moment2 kali ini bagi negara Amerika (dan mungkin juga Indonesia dan Kenya), hal ini karena dalam pemilihan presiden kemaren, Barrack Obama yang sering dipanggil dengan nama Barry saat berada di Indonesia memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat yang ke 44 dengan kemenangan mutlak.

Obama mendapatkan 349 electoral vote, sedangkan McCain mendapatkan 162 electoral vote (sumber: detik.com). Walau sebenarnya Obama hanya butuh 270 electoral vote untuk bisa maju menjadi presiden.

Kenapa kemudian Kenya dan Indonesia juga mencetak sejarah? Pertama karena Obama lahir dari pria kebangsaan Kenya, lalu sejarah yang dicetak Indonesia adalah sebagai salah satu tempat dimana presiden amerika ini pernah dibesarkan dan memiliki keluarga.

Kalo saya boleh buat list, ini mungkin sejarah2 yang telah dicetak oleh pria mengagumkan ini:
– Presiden Amerika pertama yang berasal dari keturunan Afrika
– Presiden Amerika pertama yang pernah dibesarkan di negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia (Indonesia)
– Orang kulit hitam pertama yang menempati akan menempati Gedung Putih. dll.

Tapi saya harap Indonesia sendiri tidak terlalu berharap akan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemenangan ini, karena saat ini di amerika sendiri sedang mengalami gejolak ekonomi dan krisis kepercayaan, mungkin pada tahun2 pertengahan kepemimpinan obama, politik luar negeri baru akan mendapat perhatian yang cukup.

Yah, saya sendiri walau tidak memilih tapi turut berbahagia bahwa ternyata isu ras yang semula akan menjadi pengganjal terbesar tidak terbukti, inilah bukti kematangan politik amerika. Sekali lagi selamat untuk Pak Barack Obama. Semoga besok kalo ke Indonesia, mampir ke rumah saya.

Ini saya kasih bonus foto2 tentang Obama:

Barack Obama bersama sang ibu di masa kecilnya.

Barack Obama bersama sang ibu di masa kecilnya.

 

Barack Obama dan sang ayah kandungnya.

Barack Obama dan sang ayah kandungnya.

 

Barack Obama beserta ibu, ayah tiri (Lolo Soetoro), dan sang adik (Maya Soetoro)

Barack Obama beserta ibu, ayah tiri (Lolo Soetoro), dan sang adik (Maya Soetoro)

 

Obama beserta istri dan kedua anaknya - Keluarga gedung putih selanjutnya.

Obama beserta istri dan kedua anaknya - Keluarga gedung putih selanjutnya.

 

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives