a journey of I am in a happy sunday

Pada posting ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya melalui hari minggu ( 23/05) yang cukup melelahkan tapi menyenangkan, salah satunya adalah menghadiri Plesiran Ngisor Ringin, sebuah acara gathering para GoodReaders Jogja, FYI: Goodreaders adalah sebutan untuk para anggota goodreads.com yang merupakan sebuah website jejaring pembaca buku di seluruh dunia.

Ok, mulai dari mana ini??? Beberapa orang membuat LPM atau Lapanta menurut versi mereka sendiri, dan saya bertanya2 apakah itu Lapanta? Beberapa waktu kemudian saya baru tahu kalo lapanta ternyata kependekan dari Laporan Pandangan Mata, istilah yang dulu populer digunakan oleh reporter radio saat melaporkan kejadian di lapangan. Tulisan ini semacam laporan atau jurnal kegiatan untuk acara kopdar yang kemaren sudah dilakukan. Apakah tulisan/posting ini akan jadi seperti itu? Jawabannya Tidak.

Tulisan ini tidak akan serunut dan sedetail Lapanta seorang Pra yang mengaku bukan moderator, atau journal milik Nat dengan sentuhan cerita mengharukan di akhirnya, atau LPM resmi dari Ika yang ditunjuk langsung oleh seorang Dokter Iyut beserta asistennya Petra. Tidak, ini hanya akan jadi kisah perjalanan seorang Saya yang berada pada waktu yang tepat bersama mereka. Mohon maaf jika sedikit personal, namanya juga blog pribadi… baca selengkapnya disini

 

Selamat Jalan Sayang – a farewell letter from BJ Habibie to Almarhumah Ainun

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan tentang itu..

Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya

dan kematian adalah sesuatu yang pasti

dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu
Tetapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat,

adalah bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang

Sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati, hatiku seperti tidak di tempatnya lagi, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi

Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang

Pada airmata yang jatuh kali ini, ak selipkan salam perpisahan panjang

Pada kesetiaan yang telah engkau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada

Aku bukan hendak mengeluh, tapi rasanya terlalu sebentar engkau disini

Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang

Tanpa mereka sadari, bahwa kau lah yang menjadikan aku kekasih yang baik

Mana mungkin aku setia padahal kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini
Selamat jalan, Kau dari-Nya dan akan kembali pada-Nya

Kau dulu tiada untukku, dan sekarang kembali tiada

Selamat jalan sayang..cahaya mataku..penyejuk jiwaku

Selamat jalan..calon bidadari Surgaku


by BJ. HABIBIE

 

Tentang “Everybody Draw Mohammed Day – 20 Mei”

Saya tahu bahwa ini berawal dari salah paham dari seorang http://mollynorris.com yang membuat kehebohan dengan membuat halaman “Everybody Draw Mohammed Day” di jejaring sosial Facebook. Banyak kontroversi yang kemudian muncul dengan adanya halaman ini.

Bagi muslim tentu tahu, kehebohan ini muncul karena dalam ajaran agama Islam sendiri tidak diperbolehkan menggambarkan Nabi atau Rasul dengan bentuk serupa manusia, baik itu dalam bentuk gambar maupun patung. Dengan adanya halaman itu, sontak memicu berbagai pendapat dikalangan masyarakat yang pro maupun kontra. Muslim jelas menentang aksi ini, tapi bagi mereka yang non muslim, penolakan ini dianggap sebagai bentuk pembatasan yang tidak berdasar, mereka berfikir bahwa mereka seharusnya bebas menggambar karakter siapapun yang mereka inginkan.

Perlawanan terhadap gerakan ini pun muncul di halaman facebook sebagai reaksi menentang, salah satunya adalah Against “Everybody Draw Mohammed Day – May 20” dan saya tergabung di dalamnya. Ada satu pesan yang saya share pada halaman itu yang berbunyi:

“Liberty or creativity must be followed by responsibility… It’s a muslim faith that Muhammad SAW should never be illustrated in human form, and others (non-muslim) should respect that. Thank you.”

Bahwa kebebasan dalam berkreatifitas hendaknya di ikuti dengan sebuah tanggung jawab, sudah menjadi keyakinan seorang muslim bahwa Nabi Muhammad SAW tidak boleh digambarkan dalam sosok manusia, dan seharusnya bagi orang non muslim bisa menghargai hal itu.

Ternyata pesan itu mendapat respon dari orang yang non-muslim dan mempertanyakan hal berikut:

“Please justify to me why I must follow your religious doctrine? Then why do Yanwar start this thread by saying that “Muhammad SAW should never be illustrated in human form, and others (non-muslim) should respect that”. I do respect all your ways of life as well as I respect myself. By the way, I do not understand where that comment came from or what its purpose is. But I respect myself as well as others and their beliefs. I do however, have a strong objection to being told how to or not to think about any religion. I know what I will answer to my question and I justify to myself daily my beliefs. I would like a believer to explain to me why he thinks it is necessary for me to follow anything religious just because he says so.”

Dan jawaban saya jelas dengan sedikit mengambil dari analogi yang sangat sederhana:

“Yup, its all about respect, I believe that religions do have rights just like human. Take a simple sample: if you don’t want somebody step on the grass in your front yard, others should respect that. I know you have your own reason from forbidding people do that.

other sample: we should never park in the ‘disable parking space’ if we are “normal” people. why? because we should respect to others right, the disabled person’s right.

It is similar with: if you don’t want other people swim in your swimming pool? Do you need to tell them what is the reason? I think its not important, it’s your swimming pool, you have your own rule and other people should understand that.

I don’t force you to follow my religions doctrine, I never force anyone to follow my religions doctrine, that’s why I used the word ‘should’. I didn’t say that “others (non-muslim) MUST respect that”. Islam is the religion of peace, but you should understand too that Islam have the limit of tolerance.

In this case, you can draw any cartoon character figure as you want, we respect your creativity and your liberty. What we moslem don’t agree is if you claim your drawing is Muhammad SAW, the last prophet of Islam.

So, please understand that, thank you.”

Ya, anda pasti tahu maksud jawaban saya diatas, intinya adalah tentang saling menghargai, saya yakin bahwa agama juga memiliki haknya, sebut saja hak untuk berkembang, hak untuk menjalankan keyakinannya, hak untuk dihormati, dll. Ambil saja sebuah contoh sederhana, jika anda tidak ingin orang lain menginjak rumput di halaman rumah anda, seharusnya bagi orang lain yang tahu, memahami hal itu, dan saya yakin anda punya alasan sendiri kenapa anda melarang orang melakukannya.

Contoh lain yang mungkin cocok untuk kasus ini adalah jika kita tidak mau orang lain berenang di kolam renang milik kita, apakah perlu kita menjelaskan apa alasannya? saya pikir itu menjadi tidak penting karena kolam itu adalah kolam renang kita sendiri, dan kita punya aturan sendiri dalam menggunakannya, dengan tahu hal itu, seharusnya orang lain memahami dan menghormati larangan tersebut, bukannya malah memaksa dan nekat berenang di kolam kita. Jadi menurut anda bagaimana? Benar atau salah?

Saya yakin bahwa saya tidak pernah memaksa orang untuk memahami dan mengikuti ajaran Islam, karena bagi saya sendiri, saya merasa belum sepenuhnya menjalankan ajaran agama yang saya anut sendiri. Tapi yang ingin saya jelaskan bahwa bagi orang lain yang berbeda keyakinan untuk bisa menghargai dan menghormati aturan yang ada dalam suatu ajaran agama lain.

Siapapun boleh menggambar karakter apapun yang meraka inginkan, tapi yang tidak berkenan adalah jika mereka menyatakan bahwa gambar tersebut adalah gambar Nabi Muhammad SAW yang bagi agama Islam dilarang penggambarannya dalam rupa manusia (itulah kenapa Nabi Muhammad SAW selalu digambarkan dengan tulisan arab-seperti gambar di paling atas, atau dilambangkan dengan cahaya yang terang dalam suatu adegan film).

Semoga ini bisa memperjelas maksud pendapat saya dan bisa sedikit memberi pemahaman bagi yang merasa berbeda pendapat dengan saya. Tapi saya tetap menghormati jika anda memiliki pendapat yang lain.

اللّه أكبر

 

Mengenal Tipe Kegemukan

Masalah bentuk atau berat badan kadang menjadi masalah yang benar-benar penting bagi kita, dari masalah segi kesehatan ataupun penampilan. Memang tidak masalah jika anda adalah orang yang berada pada kondisi badan yang normal atau ideal, tapi bagi anda yang cenderung memiliki bentuk badan gemuk, informasi berikut mungkin berguna untuk anda.

Orang termasuk dalam kondisi sakit gemuk (obesitas) bila kelebihan berat tersebut melebihi 20% dari berat tubuh ideal. Pada penderita obesitas, tempat penimbunan cadangan makanan sudah penuh sehingga kelebihan cadangan makanan yang masih tersisa akan disimpan di tempat yang kadang tidak lazim. Penimbunan lemak tersebut di sekitar organ yang sangat penting seperti jantung, ginjal, dan hati sehingga dapat mengganggu fungsi organ tersebut.

Berikut ini jenis-jenis kegemukan berdasarkan tipe-tipe tertentu:

1. KEGEMUKAN MENURUT DISTRIBUSI LEMAK
Berdasarkan distribusi lemak dalam tubuh, kegemukan dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe android dan ginoid.
* Tipe android
Tubuh gemuk tipe android ditandai dengan penumpukan lemak yang berlebihan di bagian tubuh sebelah atas, yaitu di sekitar dada, pundak, leher, dan muka. Akibatnya, tubuh bagian atas terkesan lebih besar bila dibandingkan tubuh bagian bawah sehingga menyerupai buah apel. Kegemukan tipe ini lebih banyak terjadi pada pria dan wanita yang sudah mengalami menopouse. Lemak jenuh yang mengandung sel-sel besar banyak menumpuk pada tipe android. Keadaan ini sejalan dengan penelitian Vague, peneliti dari Perancis, yang mengemukakan bahwa tipe android ini potensial berisiko lebih tinggi terhadap serangan penyakit yang berhubungan dengan metabolisme lemak dan glukosa seperti penyakit gula, jantung koroner, stroke, pendarahan otak, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kemungkinan untuk terserang kanker payudara enam kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mempunyai berat tubuh normal. Namun, penderita kegemukan tipe ini masih memiliki segi yang menguntungkan, yaitu lebih mudah menurunkan berat tubuh dibanding tipe ginoid. Proses penurunan tersebut dapat terlihat nyata bila diikuti dengan diet dan olahraga yang tepat. Melihat hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang pria kurus dengan perut gendut lebih berisiko dibandingkan dengan pria yang lebih gemuk dengan perut lebih kecil.
* Tipe ginoid
Gemuk tipe ginoid ditandai dengan penimbunan lemak di bagian tubuh sebelah bawah, yaitu sekitar perut, pinggul, paha, dan pantat. Kegemukan tipe ini banyak terjadi pada wanita. Lemak penyebab kegemukan ini terdiri atas lemak tidak jenuh serta sel lemak kecil dan lembek. Lemak dinyatakan tidak jenuh bila rantai karbon penyusun lemak tersebut mempunyai ikatan rangkap. Dari segi kesehatan tipe ini lebih aman bila dibandingkan dengan tipe android karena risiko kemungkinan terkena penyakit degeneratif lebih kecil. Akan tetapi, lebih sukar menurunkan kelebihan berat tubuh pada tipe ini karena lemak-lemak tersebut lebih sukar mengalami proses metabolisme.
 

Tim & Stadion Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Anda tentu tahu bahwa sebentar lagi akan ada event sepakbola internasional yang bernama Piala Dunia, event yang akan di selenggarakan di negara Afrika Selatan ini akan berlangsung dari tanggal 11 Juni – 11 Juli 2010. Penasaran negara mana saja yang masuk kualifikasi dan akan bertanding pada acara ini? Berikut daftar 32 tim yang akan berlaga di kompetisi sepakbola terbesar itu:

AFC (Asian Footbal Confederation)
CAF (Confederation of African Football)
CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football)
CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol)
OFC (Oceania Football Confederation)
UEFA (Union of European Football Associations)

Semua tim dari berbagai negara yang lolos kualifikasi tersebut akan bertanding di beberapa stadion yang telah disediakan oleh panitia berikut:

Kota : Johannesburg
Nama Stadion : Soccer City Stadium
Lokasi : 26°14′5.27″S 27°58′56.47″E
Kapasitas : 94.700 Penonton

Photo:

Kota : Durban
Nama Stadion : Moses Mabhida Stadium
Lokasi : 29°49′46″S 31°01′49″E
Kapasitas : 70.000 Penonton

Photo:

Kota : Cape Town
Nama Stadion : Green Point/Cape Town Stadium
Lokasi : 33°54′12.46″S 18°24′40.15″E
Kapasitas : 69.070 Penonton

Photo:

Kota : Johannesburg
Nama Stadion : Ellis Park Stadium
Lokasi : 26°11′51.07″S 28°3′38.76″E
Kapasitas : 62.567 Penonton

Photo:

Kota : Pretoria
Nama Stadion : Loftus Versfeld Stadium
Lokasi : 25°45′12″S 28°13′22″E
Kapasitas : 51.760 penonton

Photo:

Kota : Port Elizabeth
Nama Stadion : Nelson Mandela Bay Stadium
Lokasi : 33°56′16″S 25°35′56″E
Kapasitas : 48.000 Penonton

Photo:

Kota : Bloemfontein
Nama Stadion : Free State Stadium
Lokasi : 29°07′02.25″S 26°12′31.85″E
Kapasitas : 48.000 Penonton

Photo:

Kota : Polokwane
Nama Stadion : Peter Mokaba Stadium
Lokasi : 23°55′29″S 29°28′08″E
Kapasitas : 46.000 Penonton

Photo:

Kota : Rustenburg
Nama Stadion : Royal Bafokeng Stadium
Lokasi : 25°34′43″S 27°09′39″E
Kapasitas : 44.530 Penonton

Photo:

Kota : Nelspruit
Nama Stadion : Mbombela Stadium
Lokasi : 25°27′42″S 30°55′47″E
Kapasitas : 43.589 Penonton

Photo:

source: http://www.fifa.com/worldcup/destination/stadiums – http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_World_Cup_2010

 

Tidurmu, Kepribadianmu…


Bagaimana posisi Anda saat tidur? Sebuah survey dari Inggris menyelidiki 1000 orang dan menunjukkan adanya hubungan antara gaya tidur dengan kepribadian seseorang. Jadi, apa gaya Anda?

Gaya meringkuk
Ini adalah posisi paling umum terutama di antara para wanita. Mereka yang tidur dengan posisi ini dikenal berkepribadian tangguh tapi tetap peka terhadap sekitar. Mereka mungkin terlihat pemalu tapi mudah akrab.

Gaya menyamping
Jika Anda tidur menyamping dengan kedua tangan di samping tubuh, Anda adalah orang yang pandai bergaul, mudah mempercayai orang, bahkan kadang mudah ditipu. Sekitar 15% orang tidur dengan gaya ini.

Gaya peminta
Sepertiga orang tidur menyamping dengan kedua tangan diletakkan di depan tubuh. Mereka dikenal berpikiran terbuka namun agak sinis, pencuriga dan keras kepala dalam pengambilan keputusan.

Gaya prajurit
Orang yang tidur dengan gaya ini tidur terlentang dengan lengan rapat disamping tubuh. Mereka disebut bersifat pendiam, tertutup, dan menetapkan standard tinggi untuk diri dan rekan. Mereka juga lebih sering mendengkur, yang membuat mereka mendapat tidur berkualitas lebih sedikit.

Gaya terjun bebas
Sebagian kecil orang tidur tengkurap, dengan bagian perut dibawah dan lengan di bawah atau memeluk bantal. Sedangkan kepala akan menghadap ke salah satu sisi. Orang dengan posisi tidur ini dikenal blak-blakan, supel, dan tidak suka dikritik.

Gaya bintang laut
Jenis gaya tidur yang terakhir adalah terlentang, dengan tangan di dekat kepala. Mereka dengan gaya tidur ini biasanya adalah pendengar yang baik, suka menolong dan tidak nyaman menjadi pusat perhatian. Mereka juga sering mendengkur dan kurang mendapat tidur berkualitas.

source: http://mim.yahoo.com/yahooindonesia/p/yc2GXRR

 

Its about my blog… update.

Sebenarnya keinginan untuk menulis blog selalu muncul, paling tidak biar blog saya ini tidak nganggur dalam jangka waktu yang lama tanpa update. Tapi kadang-kadang keinginan itu kurang dibarengi dengan kemampuan untuk menulis yang kuat, soalnya saya selalu ribet untuk bikin sebuah posting saja, pengennya cuma tinggal tulis, trus di publish tanpa perlu mikir apa berita ini benar atau bohong (hoax), apakah ada informasi lain yang terkait, ataukah ada informasi yang lebih penting/detail yang perlu disampaikan. Pemikiran itulah yang kadang membentur/membatasi saya untuk menulis posting untuk update secara berkala dan tidak terlalu lama jangka waktunya.

Pemahaman saya dulu, saya membuat blog ini untuk bisa memberi/berbagi informasi yang menurut saya menarik dan juga untuk mengungkapkan uneg-uneg/pendapat saya terhadap suatu hal, selain untuk tetap exist tentu saja. Tapi dengan kondisi yang sudah saya ceritakan diatas, hal semacam itu sedikit terhambat karena update postingnya terlalu lama jaraknya dan postingnya kurang beragam.

Beberapa waktu ini saya lebih sering blogwalking dibanding blogwriting, dan dari kegiatan itu berkembang pemikiran bahwa saya juga ingin menyajikan informasi yang sama menarik dengan mereka tanpa harus terbebani dengan idealisme bahwa blog ini adalah tulisan saya sendiri yang berisi posting yang saya tulis sendiri dan sudah saya riset dari berbagai sumber. Dengan begitu saya bertanggungjawab penuh terhadap content yang ada dalam blog pribadi saya ini.

Akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa sudah saatnya saya sedikit terbebas dari ikatan yang sudah saya buat sendiri itu, saya musti membuka mata lebih lebar, dan mau menerima berbagai posting menarik dari hasil blogwalking saya untuk istilahnya di repost di blog saya ini. Tujuannya untuk memberi informasi yang menarik dan beragam pada pembaca blog saya (meskipun saya sendiri tidak tahu siapa pembaca blog saya, atau bahkan tidak ada :p ).

Dalam beberapa posting mendatang akan ada banyak tulisan yang saya ambil dari blog lain yang tentu saja menarik, walaupun akan tetap ada beberapa posting yang saya tulis sendiri dengan riset yang sudah sering saya lakukan sampai saat ini. Harapannya ini bisa membuat blog saya lebih informatif dan beragam topik.
Terima kasih bagi anda yang selama ini sudah sering ‘kesasar’ di blog saya ini 🙂

 

Chrome – Browser with MP3 Player

Tentu anda tahu apa yang disebut browser kan? Seperti yang saya tulis di posting saya yang lalu tentang apa itu browser, fungsi utama aplikasi ini adalah untuk melakukan perjalanan ke berbagai situs/website yang tersedia di dunia maya, anda bisa menjelajah berbagai fasilitas yang disediakan melalui jaringan internet. Selain fungsi utama itu, browser juga sudah berkembang menjadi fasilitas pembaca dokumen dengan format tertentu seperti Flash, JPG, TXT, PDF, dan lain sebagainya. Tapi untuk bisa membaca beberapa format file yang sudah saya sebutkan diatas, sebuah browser membutuhkan plugin atau tambahan fitur tertentu untuk bisa menterjemahkan format file tersebut.

Beberapa hari yang lalu secara tidak sengaja saya menemukan satu fasilitas/fitur yang mungkin tidak diketahui orang banyak pada browser Chrome, aplikasi browser besutan Google ini memungkinkan kita bisa memutar file musik berekstensi MP3. Caranya anda tinggal pilih file MP3 anda untuk dibuka (open with) dengan Google Chrome, atau bisa drag n drop file MP3 anda pada salah satu tab Chrome yang sedang aktif. Kemudian anda akan mendapatkan tampilan semacam ini:

MP3 Player pada browser Google Chrome ini tergolong sederhana dari segi tampilan maupun fungsinya. Meski hanya memiliki tombol play/pause, timeline, penunjuk waktu, dan pengatur volume saja, tapi suara yang dihasilkan cukup bagus untuk sebuah browser, tidak terlalu jauh berbeda pada aplikasi pemutar musik lainnya. Yang menurut saya kurang pada aplikasi ini adalah tidak adanya playlist yang bisa menjadi daftar musik yang akan diputar.

Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, silahkan coba sendiri dengan cara yang sudah saya berikan. Untuk download Google Chrome silahkan lakukan dari link berikut.

NB: jika anda melakukan hal yang sama pada browser yang lain, kebanyakan aplikasi tersebut akan menterjemahkan sebagai perintah download.

 

20 hal yang sepertinya tidak akan kita tahu tanpa adanya film

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin tidak akan kita tahu jika kita tidak nonton film:

1. Setiap mobil yang bertabrakan akan terbakar dan meledak.

2. Seorang laki-laki akan baik-baik saja saat dihajar habis-habisan, tapi akan mengerang kesakitan saat seorang wanita membersihkan lukanya.

3. Saat beberapa orang atau mahluk asing berada dengan sesamanya dalam satu tempat, mereka akan cenderung berbicara dengan bahasa Inggris.

4. Setiap selimut di tempat tidur akan selalu membentuk seperti huruf “L”, yaitu akan mencapai batas ketiak pada wanita tapi hanya berada di batas pinggang pada laki-laki yang ada disampingnya.

5. Setiap orang pasti bisa mendaratkan pesawat terbang jika dipandu seseorang dari darat melalui radio komunikasi.

6. Setiap bom akan selalu ada display penunjuk waktu yang memberi tahu semua orang kapan bom tersebut akan meledak.

7. Semua orang yang terbangun dari mimpi buruk akan selalu duduk tegak dan terengah-engah diatas tempat tidurnya.

8. Saat mengendarai mobil, anda harus tetap menggoyangkan setir kekiri dan kekanan bahkan pada jalan yang benar-benar lurus sekalipun.

9. Dalam sebuah perkelahian dengan musuh yang banyak sekalipun, mereka tidak akan menyerang secara bersamaan, mereka akan menunggu sampai penyerang sebelumnya tumbang lalu melakukan gerakan yang mengancam sebelum benar-benar menyerang anda.

10. Saat menjinakkan bom, jangan khawatir kabel mana yang harus anda potong, karena anda pasti akan memilih kabel yang benar.

11. System ventilasi udara adalah tempat persembunyian yang terbaik, tidak akan ada yang berfikir anda akan bersembunyi disana, ditambah lagi anda bisa ke pergi ke semua ruangan digedung itu dengan leluasa.

12. Kita akan selalu selamat dalam setiap perang, kecuali kita berbuat kesalahan dengan menunjukkan benda kesayangan atau foto seseorang yang kita sayangi di rumah.

13. Komputer polisi akan selalu bisa mencari orang/penjahat yang dicari dalam hitungan detik.

14. Jika kita mengalami hilang ingatan karena benturan, maka akan mudah mengembalikan ingatan itu dengan benturan yang lain.

15. Tidak peduli seberapa rumit masalah yang kita hadapi, biasanya akan selesai dalam waktu kurang dari 2 jam.

16. Setiap satuan kepolisian hanya akan memiliki 2 orang detektif yang bisa memecahkan setiap masalah yang dihadapi.

17. Setiap kepala kepolisian akan menghukum/menangguhkan detektifnya untuk bisa memecahkan masalah yang dihadapi.

18. Setiap detektif kepolisian hanya akan bisa menyelesaikan masalah saat dihukum/dibebastugaskan.

19. Kita tidak perlu mengisi peluru pada senjata yang sedang kita pakai, karena tidak akan pernah habis untuk saling adu tembak berapa lamapun.

20. Seorang hacker akan selalu bisa memecahkan password dalam sekali percobaan meski di-enkripsi dengan metode yang paling sulit sekalipun.

 

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives