Bagi anda pecinta fotografi yang kebetulan berada di jogja saat ini, informasi berikut mungkin berguna untuk anda. Dalam satu minggu ini saya mendapatkan berbagai informasi tentang beberapa pameran fotografi yang diadakan secara terpisah di seputaran jogja. Berikut ini beberapa pameran fotografi yang telah saya kunjungi dan patut anda lihat juga:

  • Pameran “100x France” di Gallery Srisasanti Jl. Palagan Tentara Pelajar 52A yang berlansung dari tanggal 19 hingga 30 November 2008. Pameran 100 foto ini menengok kembali sejarah fotografi dengan diawali oleh fotografi pertama di dunia karya Nicephore Niepce tahun 1826 yang berjudul Point de vue pris d’une fenêtre du Gras (Sudut pandang dari jendela Gras). Keseratus foto yang dipamerkan ini, baik karya fotografer yang terkenal di dunia maupun anonim, menggambarkan hubungan antara fotografi dengan sejarah, teknik, ilmu pengetahuan, juga antara fotografi dan seni rupa.

  • Pameran “Sembilan Wali dan Siti Jenar” oleh Seno Gumira Adjidarma di Sangkring Art Space Nitiprayan RT 01/20 No 88 yang berlangsung mulai dari tanggal 19 hingga 25 November 2008. Dalam pameran ini, Seno mencoba untuk menggali berbagai kisah dan sejarah dari kesembilan wali (Wali Sanga) yang pernah ada, mulai dari kisah hidupnya sampai dengan peninggalan-peninggalannya berupa ajaran maupun makam-makamnya yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi oleh para peziarah.
  • Pameran “Merapi Tidak Pernah Ingkar Janji” di Lt 2 Toko Buku Togamas Jl. Affandi No 5 mulai berlangsung tanggal 17 hingga 22 November 2008. Dalam pameran ini, ditampilkan beberapa foto2 penting yang mengambil Gunung Merapi sebagai fokus utamanya, mulai dari beberapa letusan yang pernah terjadi hingga kehidupan yang terjadi disekitarnya. Fotografer yang berkontribusi disini adalah fotografer jurnalis ternama dari kantor berita seperti Reuters, Antara dan beberapa kantor berita lokal maupun internasional lainnya.
  • Pameran Fotografi berjudul “Potret” di Bentara Budaya Kompas berlangsung hingga tanggal 26 November 2008 menceritakan sejarah perkembangan awal fotografi di Indonesia, beberapa dokumentasi yang dilakukan oleh Kassian Chepas (Bapak Fotografi Indonesia), dan juga beberapa foto yang diakui telah mengubah wajah dunia, foto2 ini seperti foto penerbangan pertama kali yang dilakukan Wright bersaudara, foto Gandhi yang sedang menenun, serta foto pengibaran bendera di Iwojima. Yang juga menarik dalam pameran ini adalah adanya beberapa koleksi kamera dari mulai kamera intip hingga kamera digital milik Agus Leonardus.

Selain beberapa pameran diatas, ada event pameran lain yang jelas patut anda hadiri, Pameran Fotografi bertajuk “Goin Underwater” ini memberikan suasana lain untuk pecinta fotografi dengan menghadirkan hasil karya fotografi dari bawah air. Pameran yang diselenggarakan oleh Unit Selam UGM ini akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 29 November 2008 di Coral Gallery, Jl. Affandi (Gejayan) CT X / 82. Anda akan diajak untuk menjelajahi suasana kehidupan bawah air yang tentunya penuh dengan hal-hal menarik yang mungkin belum anda tahu. Jadi, pastikan anda datang dan mengalami petualangan bawah laut melalui media foto.