Konversi satuan metric – imperial !

pernah ditanya 80 feet itu berapa meter? atau 1 psi itu berapa bar? atau ditanya satuan yang kita sendiri gak pernah denger?

memang sulit sih kalo negara-negara yang ada gak punya standar yang sama tentang penggunaan satuan ukuran, banyak negara yang menggunakan sistem metric (indonesia juga termasuk) tapi ada juga yang menggunakan sistem imperial. jika sistem metric menggunakan satuan jarak meter/kilometer maka sistem imperial menggunakan yard/mil. kalo satuan metric menggunakan gram/kilogram untuk berat maka imperial biasa memakai satuan pound. nah negara yang menggunakan satuan imperial ini adalah amerika serikat, dan beberapa negara seperti liberia (di daerah afrika barat) dan burma (myanmar di asia tenggara). sebenarnya beberapa negara besar seperti inggris, australia, afrika selatan, kanada dan beberapa negara lain dieropa pernah menggunakan sistem imperial, tapi mulai sekitar tahun 1970an berangsur-angsur mengganti standarnya dengan satuan metric (walau masih ada yang menggunakan sistem imperial).

untuk negara seperti amerika serikat ini memang ingin membuat standar sendiri dan enggan mengikuti standar yang ada seperti di eropa, ini mungkin karena amerika menganggap dirinya negara adikuasa yang tidak ingin mengikuti negara2 lain.

untuk kita sendiri perbedaan tersebut tidak terlalu menjadi masalah, tapi mungkin kadang2 bingung untuk melakukan konversi tersebut. berikut saya beri beberapa konversi satuan yang sering kita jumpai, dan juga beberapa satuan khusus.

SATUAN PANJANG:

  • 1 yards = 0,9144 meter = 36 inches
  • 1 inch = 2,54 centimeters
  • 1 foot (feet) = 30,48 centimeters = 12 inches
  • 1 mile = 1,609 kilometers = 5280 feet = 1760 yard

SATUAN BERAT:

  • 1 kilogram = 2,2046 pounds (lbs) = 35,2739 ounces (oz)
  • 1 pounds = 453,59 grams
  • 1 ounce = 28,350 grams

SATUAN VOLUME:

  • 1 liter = 0,2642 US gallons = 0,2200 imperial gallons = 33,824 fluid ounces
  • 1 cubic feet = 28,3168 liters = 7,4827 US gallon = 6,2309 imperial gallon
  • 1 barrel of oil = 158,9873 liter = 42.0123 US gallons = 5,6146 cubic feet
  • 1 imperial gallon = 4,544 liters = 8 pints = 4 quarts
  • 1 US gallon = 3,7843 liter = 7,9976 pints = 15,995 cups
  • 1 liter = 1,761 pints = 0,881 quarts

SATUAN TEKANAN:

  • 1 bar = 1,0197 Kg/Cm = 0,689 pounds per inch = 14,5 pounds per square inch (psi)
  • 1 bar = 100 kilopascals = 0,9869 atmospheres (atm)
  • 1 atmospheres = 1.01325 bar
  • 1 psi = 0,0690 bar = 0,0703 Kg/Cm2 (3000 psi = 206,89 bar)

SATUAN KECEPATAN:

  • 1 kph (kilometer per hour) = 0,6213 mph (mil per hour) = 0,5399 knot
  • 1 knot = 1,852 kph = 1,151 mph
  • 1 kph = 0,2778 meter per second = 0,911 feet per second

SATUAN LAIN:

  • Kertas
    • 24 sheets (lembar) = 1 quire
    • 20 quires = 1 ream
    • 10 reams = 1 bale
  • Circular
    • 60 seconds = 1 minute
    • 60 minutes = 1 degree
    • 360 degrees = 1 circumference
    • 1 degree of the Earth’s surface (1 meridian) = 69.16 miles at the equator
  • Miscellaneous
    • 12 units = 1 dozen
    • 12 dozen = 1 gross
    • 20 units = 1 score
    • 1 hand = 4 inches
    • 1 fathom = 6 feet
    • 1 nautical mile = 6076 feet
    • 3 nautical miles = 1 league
    • 1 bushel of potatoes = 60 pounds
    • 1 barrel of flour = 196 pounds
    • 1 cubic foot of water (7.48 gallons) = 62.425 pounds
    • Atmospheric pressure at sea level = 14.7 pounds per square inch
    • 13.5 cubic feet of air = 1 pound
  • Infinite (english)
    • 1 astronomical unit = 93 million miles = 150 million kilometers

    • 1 light-year = 63225.80645 astronomical units = 5.88 trillion miles = 9.46 trillion kilometers

    • 1 parsec = 3.26 light-years = 19.1688 trillion miles = 30.8396 trillion kilometers

    • NOTE: An astronomical unit (AU) is the distance between the Earth and the Sun. A light-year is the distance travelled by a photon, in vacuum, in one year. A parsec is a distance having a PARallax of one SECond of arc, as measured from diametrically opposite points along the Earth’s orbit. Try not to fall off the end of these figures.

Gimana? sudah sedikit mengerti tentang satuan2 yang belum dikenal? OK, semoga ini bisa membantu.

terima kasih

source: worldwidemetric.com, conversionwizard.com, alarmsbc.com

 
March 24th, 2007
Simple Science

171 Responses to “Konversi satuan metric – imperial !”

  1. ichsanNo Gravatar says:

    mau tanya, 1 kg berapa m^3 sih?…..terima kasih

  2. setiawanNo Gravatar says:

    berapa konversi 1 m 3 = …… ton

  3. verriNo Gravatar says:

    gan ane mau tanya satuan tekanankan banyak, salah satunya Bar. kepanjangan dari Bar itu apa??

  4. imam pangestuNo Gravatar says:

    1 ton aspal hotmix digelar dgn ketebalan 5cm bs menghasilkan brp M2,,,?

  5. maftuhiNo Gravatar says:

    thnk atas ilmunya ka salam kenal.. aku juga lagi belajar mtk nih.. mtk saya selalu 0 besar 🙁

  6. agusNo Gravatar says:

    maaf mau nanya 380ml air berapa kg

  7. indraNo Gravatar says:

    slmat malam mas , numpang tanya nih, soalnya lgi bingung,
    7000 MT pasir, berapa ton, kalau di meter kubik kan, berapa M3

  8. maratuaNo Gravatar says:

    kalau menghitung 1 m3 batu, pasir ,atau semen ke Kg gimana ya mas

  9. mulyaNo Gravatar says:

    Tanya pak..kalo kawat 5000 mtr dikonversikan ke MT = 5 MT kah?
    Tks

  10. listi solihatNo Gravatar says:

    kalo 15 1per 4 sama dengan berapameter yah….

  11. sukarnoNo Gravatar says:

    Bang aku pingin tanya nih 1psi dijadikan gram

  12. SeptyNo Gravatar says:

    mau tanya nih .. kalo 1ton kapas itu berapa bal benang yaa ?
    tlong krim k email saya yaa ..
    thanxs

  13. jexaNo Gravatar says:

    gan ane mau tanya kalo konversi tekanan kg/cm2 ke liter/menit berapa ya gan?

  14. yantoNo Gravatar says:

    1.1 Ton solar itu berapa liter ya?
    2. 1kiloliter berapa berapa ton?
    mksh

  15. eniNo Gravatar says:

    malem, mau tanya. Tau gak mas cara konversi tabung lpg 3 kg ke m3? Massa jenis lpj kan beda-beda tuh tergantuh senyawanya.. itu gimana ya?

  16. iraNo Gravatar says:

    1 Metric Tonne = 1250 Liter ya
    jika melihat Jawaban diatas @ Sathia
    tapi itu memang Bulat yaa Angka nya sdh Fix ya ?
    Mohon dibantu Infonya Mas ?
    Maaf mau Beli Solar Mas, Kami agak Bingung juga krn kok tdk langsung pake Kilo Liter aja, Harga USD nya per MTon.
    Thankyou.

  17. BerlvynNo Gravatar says:

    Bang mohon info cara hitung untuk tau jumlah plastik per kilogram dari ukuran & Ketebalan plastik lembaran.

  18. KurniawanNo Gravatar says:

    Mau tanya,, kalau konversi Kgf/cm2 ke Liter gimana caranya y..mohon pencerahannya. tks

  19. yakupNo Gravatar says:

    maff mau nanya nih….panjang 1000 m x ketebalan 5cm x lebar 4m kalau digelar aspal hotmix butuh berapa ton yaaa…..
    makasih jawabannya……

  20. indahNo Gravatar says:

    mas klo mslnya foot, pound, dan second itu trmasuk satuan dlm sistem apa ya?

  21. mustolahNo Gravatar says:

    mau nanya untuk mencari rumus ini bagaiman minta contohnya hasil tersebut ,1 m2 = 600 BTU/hr

Leave a Reply

This site is using OpenAvatar based on

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives