perbedaan Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne dan After Shave

Buat kamu para cowok metrosexual atau cewek2 yang socialite. kalian musti ngerti nih yang satu ini, atau malah dah pada ngerti? ya udah, ngasih tau yang belum aja deh.

kalo kamu beli pengharum badan (kalo istilah keren kita tuh parfum) pasti agak bingung kalo perhatiin bener2 beberapa istilah yang dipakai dalam dunia per-fragrance-an atau dunia wangi-wangian ini. Istilah yang dipake tuh ada banyak, contohnya kayak

– SOIE de Perfume
– Eau de Parfum
– Eau de Toilette
– Eau de Cologne
– After Shave
– Eau Fraiche

Apa artinya dan buat apa sebenarnya istilah2 itu dipakai?

Sebenarnya banyaknya istilah itu dipakai berawal dari para pembuat/industri wewangian/perfume yang menciptakan beberapa standar campuran untuk produknya.

Pure Perfume sendiri sebenarnya adalah sebuah extract wewangian dengan konsentrasi antara 15%-30% berupa minyak fragrance (campuran lainnya bisa berupa air atau alkohol) dan dapat bertahan lebih dari 6 jam jika dipakai. beberapa merek menawarkan produknya dengan jenis ini, tapi biasanya sangat langka dan mahal.

SOIE de Perfume adalah jenis yang tidak biasa beredar di pasaran komersial sama seperti pure perfume, dengan konsentrasi 15%-18% minyak perfume, dapat bertahan kurang lebih 3-6 jam jika digunakan

Eau de Perfume adalah jenis yang sedikit umum di pasaran dengan konsentrasi minyak antara 8%-15% dan bertahan kurang lebih 3-5 jam jika dipakai, harganya sedikit lebih mahal dari pada concentrated fragrance, tergantung dari merk dan jenisnya

Eau de Toilette adalah jenis yang sangat umum di pasaran industri wewangian, konsentrasi minyak perfume yang dikandung kurang lebih antara 4%-10% dan bertahan antara 3-4 jam jika digunakan. Jenis ini biasanya jenis terkuat yang disediakan untuk parfume pria.

Eau de Cologne adalah jenis dengan konsentrasi minyak 2%-5% dan dapat bertahan sampai dengan 3 jam. jenis ini dulu sempat sangat populer tapi saat ini sudah tidak sebanyak dulu, umumnya untuk jenis perfume wanita, masih sedikit umum dijumpai untuk perfume pria.

After Shave (A/S) adalah jenis dengan campuran dengan konsentrasi minyak 3% atau kurang, dan dapat bertahan kurang lebih 2-3 jam dan cukup umum dijumpai pada berbagai merk perfume. Biasanya pada after shave mengandung balm atau aloe (lidah buaya) yang digunakan untuk menenangkan pori-pori setelah bercukur bagi para pria, dan kandungan alkoholnya juga berfungsi untuk menutup kembali pori-pori.

Eau Fraiche adalah jenis yang tidak umum untuk industri besar dengan campuran kurang dari 3% dan bertahan hanya sekitar 1 jam saja. Biasa pula disebut dengan nama Perfume Mist atau Splash.

Kata “Eau de” yang digunakan untuk beberapa istilah diatas dalam bahasa inggris berarti “water of”. Selain itu juga sering dijumpai tulisan “pour homme” (bahasa perancis) yang artinya adalah untuk pria atau dalam bahasa inggris berarti “for men” sedangkan lawannya adalah “pour femme” atau untuk wanita.

source: ebay.com

Nah kalo kalian ditanyai pakai apa perfumenya, kan bisa lebih sedikit mantab jawabnya, paling tidak dah ngerti jenisnya. Kalo aku sendiri sih pake 2 macam, Aigner Blue Emotion buat yang agak strong sama Giorgio Armani Acqua Di Gio for men buat yang soft. Dua-duanya yang Eau de Toilette. Kamu sendiri pake apa nih?

Aigner Blue Emotion Acqua Di Gio - Giorgio Armani

Nah itu tadi sedikit banyak tentang pengetahuan perfume, semoga bisa berguna alias gak goblok2 amat kalo ditanyain. Buat kamu yang gak begitu prioritas ma ini kebutuhan, Saat ini udah banyak solusi murah (walau kalo diitung kayaknya gak jauh beda) untuk mendapatkan wewangian dengan merk ternama, banyak toko yang menyediakan extract atau essence wewangian dari mulai racikan sendiri beraroma tanaman dan bunga atau juga beberapa meniru merk terkenal. istilahnya parfume abal-abal.

 
November 6th, 2007
LifeStyle, Simple Science

56 Responses to “perbedaan Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne dan After Shave”

  1. A7XNo Gravatar says:

    Kalu ane baca comment dari atas makna 3.3 FL.OZ itu 100 ml. Kalu 3.4 FL.OZ bagaimana ? Soalnya ane ada dua sama” 100 ml tapi yg satu 3.3 dan 3.4. Mohon d̲̅] bagi wawasanya.

    Saran juga gan
    Mending beli yg eau de parfume dari pada eau de toilette.
    Harga selisih dikit kadang juga sama.
    Hehehehehe

  2. Jual Parfum Original Murah OnlineNo Gravatar says:

    Ini informasi yang saya cari, sangat membantu sekali. Jadi makin pede nih jualan parfumnya….

  3. palupiNo Gravatar says:

    hai salam kenal.. lagi bikin testimoni di blog aku, ttg parfume.. nyari pengertian edp edt .. copas dari sini .. mampir balik ya kak.. sudah aku link juga kok blog kamu.. hehehh….

  4. khafidNo Gravatar says:

    Ternyata banyak ya pecinta parfum di sini.
    Ada info nih.
    Pasti banyak yang udah kenal Parfum FM by Federico Mahora.
    Nah kualitas parfum nya paling rendah eau de parfum.
    kali aja ada jenis parfum yang temen2 pake di produksi juga sama FM.

  5. ichunNo Gravatar says:

    Sama Ya Aku Juga Pakai Aigner And Aqua di Gio..Like that….

  6. reANNo Gravatar says:

    Boss.. Klo vaporisateur natural spray.. Masuk di jenis apa tuh? Eau de toillette atw apa?
    Thx b4

Leave a Reply

This site is using OpenAvatar based on

Search

Enter Search KeyWord:     

Archives