Dari sejak kecil, saya selalu punya cita-cita atau paling tidak keinginan untuk menjadi seorang Chef, Pâtissière, atau ahli dibidang kuliner. Mungkin karena saya terlalu banyak nonton film kartun seperti Yoichi Si Anak Citarasa, atau terlalu banyak baca komik seperti Yakitate Japan. Terlepas dari itu semua, saya memang ingin bisa memasak untuk semua orang disekitar saya. Kata orang, makan masakan yang enak juga bisa bikin kita bahagia, dan saya juga ingin orang yang memakan masakan saya menjadi bahagia :)

Apa hubungannya dengan posting kali ini? Yang jelas, temanya sekarang adalah tentang makanan #tibatibalaper :P

Jika anda pernah memainkan game di Facebook dengan nama Baking Life, pastinya anda akan mengenal beberapa gambar roti maupun pastry berikut ini:

Ya, beberapa makanan diatas adalah jenis roti dan pastry yang dapat anda masak dan perjualbelikan dalam game Baking Life. Tapi pernahkah anda bertanya apa sih sebenarnya roti tersebut atau seperti apa wujud aslinya? Saya sendiri selalu punya pertanyaan itu, dan dari sekedar iseng-iseng, saya coba cari informasi dan foto terkait beberapa roti diatas. Berikut ini akan saya coba jelaskan beberapa hal tentang roti diatas.

1. Baklava
Baklava adalah jenis pastry manis yang berasal dari kawasan Turki, berupa kacang, walnut atau bijian lain yang diberi pemanis syrup atau madu dan dibungkus dengan filo, adonan seperti kertas yang berlapis.

2. Bear Claw
Bear Claw adalah jenis roti manis yang populer di Amerika Serikat. Memiliki adonan yang seperti donat dengan rasa almond dan terdapat isi berupa selai, kismis, kurma, krim keju dan beberapa jenis isian lain.

3. Bibingka Coconut
Bibingka Coconut adalah jenis kue beras yang berasal dari Philipina dan biasanya diberi taburan berupa parutan kelapa diatasnya. Bibingka merupakan salah satu makanan tradisional saat perayaan natal.

4. Cannoli
Cannoli merupakan hidangan penutup yang berasal dari Italia khususnya pulau Sicilia di kawasan laut Mediterania. Namanya berasal dari kata Cannolo yang dalam bahasa Sicilia berarti “pipa kecil”. Berupa adonan yang digoreng dan dibentuk seperti pipa dan diisi dengan krim manis, keju, dan buah yang dicincang kecil-kecil.

5. Cocoa Stripes
Cocoa Stripes atau yang sering disebut dengan Zebra Cake adalah kue yang dihasilkan dari adonan vanila dan coklat yang dibentuk belang seperti kulit Zebra. Kue ini cukup populer di berbagai belahan dunia.

6. Irish Soda Bread
Irish Soda Bread merupakan roti Irlandia yang menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya selain tepung, buttermilk, garam, telur, dll. Adonannya biasa dicampur dengan kismis, gandum, atau beberapa jenis kacang-kacangan.

7. Key Lime Pie
Key Lime Pie adalah salah satu jenis pie yang memakai bahan dasar jeruk limau yang pertama kali dibuat di kota Key West, Florida. Kata ‘Key’ pada bahan dasar Key Lime diasosiasikan dengan kawasan kepulauan Florida Key di sebelah tenggara Amerika Serikat dimana jenis jeruk limau tersebut tumbuh.

8. Lattice Top Apple Pie
Lattice Top Apple Pie adalah jenis kue pie apel yang ditutup dengan adonan berbentuk Lattice. Lattice sendiri memiliki arti berupa pola ornamen silang yang saling bertumpuk (seperti kisi-kisi).

9. Parisian Macaroons
Parisian Macaroons merupakan penganan manis berupa kue kering berwarna-warni yang diisi dengan krim butter maupun selai diantara dua kue tersebut seperti pada sandwich. Kata Macaroon berasal dari kata ‘ammaccare’ yang dalam bahasa Italia berarti menghancurkan ataupun mengalahkan.

10. Paula’s Igloo Pudding
Paula’s Igloo Pudding adalah pudding yang berbentuk seperti Igloo, rumah dari balok salju yang dibangun oleh orang suku Inuit atau yang biasa disebut orang Eskimo di daerah Kanada Utara atau Alaska. Paula disini diyakini merujuk pada seorang juru masak terkenal Amerika bernama Paula Deen.

11. Peach Cobbler
Peach Cobbler adalah hidangan penutup yang populer di Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris berupa buah persik (peach) yang dituangkan dalam loyang besar dan ditutup dengan adonan pastry kemudian dipanggang.

12. Pistachio Biscotti
Pistachio Biscotti adalah salah satu jenis Biscotti yang menggunakan bahan dasar berupa kacang Pistachio. Biscotti sendiri merupakan salah satu kue kering yang berasal dari kota Prato di Italia. Pada proses pembuatannya Biscotti mengalami dua kali pemanggangan dan dibuat kering dan renyah dengan cara memotong adonan saat masih panas keluar dari oven.

Nah sudah tahu kan apa dan bagaimana rupa masing-masing kue atau roti yang anda mainkan di Baking Life, mana yang menarik minat anda untuk mencoba memakannya? Atau mungkin anda tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah? silahkan klik pada nama roti untuk mendapatkan resepnya.

Posting tentang kue atau roti lain yang ada di Baking Life dapat dibaca di sini.