Mungkin bagi kita yang tidak tahu akan sulit membedakan antara rasa simpati dan empati, atau mungkin sebagian dari kita akan menyamaratakan perasaan iba, kasihan atau sejenisnya ke dalam bentuk simpati. Tapi tahukah anda bahwa kedua rasa itu berbeda. Dalam posting ini saya akan sedikit membahas tentang kedua hal tersebut.

SIMPATI (Sympathy)
Secara etimologi kata simpati diturunkan dari kata dalam bahasa Yunani συμπάθεια (sympatheia) yang berasal dari kata σύν (syn) “bersama” and πάθος (pathos) “gairah, perasaan”, dalam hal ini “penderitaan” (dari πάσχωpascho, “terpengaruh oleh, menderita”).

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka (2005), kata Simpati memiliki definisi 1 rasa kasih; rasa setuju (kpd); kesudian; kecenderungan hati (kpd) 2 (=bersimpati) menaruh kasih (kpd); sudi (akan); cenderung hati (kpd); suka (akan).

Secara umum dapat diartikan bahwa simpati adalah perasaan kebersamaan secara sosial hingga suatu orang dapat merasakan perasaan orang lain (biasanya suatu perasan sedih) dalam dirinya sendiri. Contohnya saat kita mengetahui orang lain terkena bencana ataupun ada kerabat yang meninggal, kita dapat merasakan kesedihan yang sama meskipun tidak menimpa diri kita.

EMPATI (Empathy)
Secara etimologi kata empati diturunkan dari kata dalam bahasa Yunani  ἐμπάθεια (empatheia) yang berasal dari kata ἐν (en), “dalam, di” + πάθος (pathos), “gairah, perasaan” dalam hal ini “penderitaan” (dari πάσχωpascho, “terpengaruh oleh, menderita”). Istilah ini diadaptasi oleh Hermann Lotze dan Robert Vischer untuk menciptakan kata dalam bahasa Jerman
Einfühlung yang berarti “perasaan menjadi”

Menurut Kamus Bahasa Indonesia terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2008) definisi empati adalah kemampuan menghadapi perasaan dan pikiran orang lain. Sedangkan menurut kamusbahasaindonesia.org kata empati diartikan keadaan mental yg membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dl keadaan perasaan atau pikiran yg sama dng orang atau kelompok lain.

Secara umum dapat diartikan bahwa empati adalah pendalaman dari rasa simpati yang mampu mempengaruhi pada kondisi fisik dan mental seseorang. Contohnya saat kita tangis sedih ketika melihat saudara-saudara yang tertimpa musibah hingga kehilangan nyawa. Selain itu masih terdapat beberapa definisi tentang kata empati, seperti beberapa contoh berikut:
- Alvin Goldman: “Kemampuan untuk menempatkan diri ke dalam kondisi mental orang lain untuk bisa memahami perasaan dan emosi orang lain.”
- Roy Schafer:” Empati melibatkan pengalaman batin berbagi dan memahami keadaan psikologis sesaat orang lain.”
- Khen Lampert (2005): “Empati adalah apa yang terjadi pada kita saat kita meninggalkan tubuh kita dan menemukan diri kita pada pikiran orang lain baik secara sementara atau waktu yang lebih lama, merasakan kenyataan, emosi dan kesedihan dari mata orang lain tersebut.”

Nah, sekarang paling tidak anda sudah bisa membedakan mana yang perasaan simpati dan empati secara definisi, semoga posting ini bisa sedikit memberikan pencerahan bagi kita semua.

Source
Source